Virus Corona Merebak, Game Online Ini Malah Untung

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
04 February 2020 16:23
Virus Corona Merebak, Game Online Ini Malah Untung
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah perusahaan game online dan aplikasi video pendek mendapat berkah dari wabah virus corona. Hal ini terlihat meningkatnya jumlah unduhan (download) dan penggunanya.

Peningkatan jumlah download ini karena masyarakat banyak masyarakat China terjebak di rumah dan membutuhkan hiburan untuk menghabiskan waktu.

"Saya hanya menggunakan ponsel saya selama tiga jam sehari di tempat kerja, tetapi sekarang delapan jam setiap hari, karena ini sangat membosankan," ujar Lu Zhang, seorang guru sekolah menengah pertama di provinsi Shandong timur, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (4/2/2020).


Berdasarkan data App Anie, dari 20 Januari hingga 26 Januari 2020, terjadi lonjakan download sebesar 77% akan aplikasi video Bytedance Xigua. Aplikasi kesehatan dan kebugaran, seperti Keep, yang menyiarkan langsung kelas kebugaran, penghasilannya melonjak 15% untuk minggu ini. Aplikasi kesehatan Ping An Good Doctor jumlah download melonjak 1,186%.

Game mobile blockbuster Tencent, "Honor of Kings" menghasilkan hingga 2 miliar yuan ($ 286 juta) pada 24 Januari malam, menurut perkiraan Sinolink Securities Co. Aplikasi simulasi strategi "Plague Inc" menjadi primadona karena memuncaki aplikasi yang paling banyak di-download.

Game ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengembangkan patogen (virus jahat) untuk menghancurkan dunia, menghasilkan 78.000 unduhan pada Januari, naik dari 16.000 pada Desember, menurut Sensor Tower.

"Banyak siswa bermain game selama Festival Musim Semi," kata seorang guru SMP dan menambahkan dia menghabiskan lebih dari lima jam setiap hari bermain poker online.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading