Penjelasan Lengkap Bos Telegram Soal WhatsApp Berbahaya

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
03 February 2020 15:22
Pendiri sekaligus CEO Telegram sebut WhatsApp aplikasi berbahaya. Simak penjelasan lengkapnya soal pernyataan ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri sekaligus CEO Telegam Pavel Durov angka bicara soal kerentanan aplikasi WhatsApp dengan menyebut menggunakan WhatsApp sekarang ini berbahaya.

Ulasan ini dituangkannya dalam artikel berjudul "Why Using WhatsApp is Dangerous" yang diposting di blog Telegram. Pemaparannya dimulai kasus pembobolan ponsel CEO Amazon Jeff Bezos, ada backdoors yang disengaja oleh WhatsApp hingga pertanyaan terhadap kesuksesan fitur end-to-end encryption yang disebut fitur keamanan paling canggih saat ini.


Berikut isi artikel berjudul "Why Using WhatsApp is Dangerous" yang dilansir dari postingan blog Pavel Durov, Senin (3/2/2020):


Beberapa bulan yang lalu saya menulis tentang backdoor (pintu belakang) WhatsApp yang memungkinkan peretas (hacker) mengakses semua data di ponsel apa pun yang menjalankan WhatsApp. Facebook, perusahaan induknya, pada saat itu mengklaim bahwa mereka tidak memiliki bukti kelemahan (celah keamanan) yang pernah digunakan oleh hacker.

Pekan lalu menjadi jelas bahwa backdoor ini telah dieksploitasi untuk mengekstrak komunikasi pribadi dan foto-foto Jeff Bezos (orang terkaya di planet ini) yang sayangnya mengandalkan WhatsApp. Karena serangan itu tampaknya berasal dari pemerintah asing, ada kemungkinan banyak pemimpin bisnis dan pemerintah lainnya menjadi sasaran.

Dalam posting November lalu, saya memperkirakan ini akan terjadi. PBB telah merekomendasikan pejabatnya untuk menghapus WhatsApp dari perangkat mereka, sementara orang-orang yang dekat dengan Presiden AS Donald Trump telah disarankan untuk mengganti ponsel mereka.

Mengingat gentingnya situasi, orang akan mengharapkan Facebook/ WhatsApp untuk meminta maaf dan berjanji untuk tidak menanamkan backdoors di aplikasi mereka di masa depan. Tetapi sebaliknya, mereka mengumumkan bahwa Apple, bukan WhatsApp, yang harus disalahkan. Wakil presiden Facebook mengklaim bahwa iOS, bukan WhatsApp, telah diretas.

Alasan WhatsApp salah dalam kasus pembobolan WhatsApp Jeff Bezos

Jika Anda mengikuti blog saya, Anda tahu saya bukan penggemar berat Apple. Perangkat iOS memiliki banyak masalah terkait privasi. Tapi ini bukan salah satu dari masalah tersebut, karena dua alasan:

1) Kerentanan "video korup" WhatsApp hadir tidak hanya di iOS, tetapi juga di Android dan bahkan perangkat Windows Phone. Artinya, di semua perangkat seluler dengan WhatsApp terpasang.

2) Kesalahan keamanan ini tidak ada pada aplikasi chatting lain di iOS. Jika Jeff Bezos mengandalkan Telegram alih-alih WhatsApp, ia tidak akan diperas oleh orang-orang yang mengkompromikan komunikasinya.

Kesimpulannya, masalah itu tidak khusus untuk iOS, tetapi spesifik untuk WhatsApp.

[Gambas:Video CNBC]



Kelemahan Fitur End-to-to end Encryption WhatsApp
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading