Bak Film Sci-Fi, Ini 8 Robot yang Dipakai Buat Perang

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
24 January 2020 19:44
Teknologi robot saat ini mendapat perkembangan yang yang sangat pesat, salah satunya digunakan dalam bidang pertahanan negara.
Jakarta, CNBC Indonesia - Teknologi robot saat ini mendapat perkembangan yang yang sangat pesat, salah satunya digunakan dalam bidang pertahanan negara. Oleh karena itu, berbagai robot perang kini sedang diciptakan sebagai prajurit.

Namun demikian, robot militer juga dinilai berpotensi digunakan untuk mengambil banyak korban jiwa bahkan mengancam tatanan dunia. Berikut 9 robot militer paling mematikan, dilansir dari Digital Trends :


1. MAARS


Bak Film Sci-Fi, Ini 9 Robot yang Dipakai Buat PerangFoto: MAARS. (Dok: QinetiQ North America)

Modular Advanced Armed Robotic Systematau yang disingkat MAARS, merupakan sebuah robot berbentuk tank mini dan diluncurkan pada 2008. Robot ini diciptakan oleh perusahaan pertahanan multinasional asal Inggris, Qinetiq.

Walau berukuran kecil, namun MAARS dapat memuat banyak daya tembak ke dalam kerangka kecilnya. Desain modularnya memungkinkan mengontrol berbagai persenjataan, mulai dari laser, gas air mata dan peluncur granat.


2. DOGO

Bak Film Sci-Fi, Ini 9 Robot yang Dipakai Buat PerangFoto: DOGO. (Dok: Daily Mail)

Robot ini memiliki desain mirip seperti mobil mainan. Namun siapa sangka DOGO adalah robot kecil yang cukup berbahaya. DOGO sendiri dibuat oleh perusahaan pertahanan dan manufaktur asal Israel, General Robotics.

Lewat video promosinya, dalam tubuh DOGO tersimpan kamera pengintaian jarak jauh dan juga pistol 9 milimeter. Robot ini dinilai cocok dalam situasi penyanderaan, mengeluarkan salah satu penculik dari jarak jauh.

3. SAFFiR
Bak Film Sci-Fi, Ini 9 Robot yang Dipakai Buat PerangFoto: Saffir. (Dok: TechnoCrazed)


SAFFiR (Shipboard Autonomous Firefighting Robot), merupakan robot militer berbentuk humanoid yang dirancang bukan sebagai robot di garis depan, namun lebih sebagai pendukung. Robot ini diciptakan oleh mahasiswa dari Institut Politeknik dan Universitas Negeri Virginia

SAAFir memiliki tugas untuk memadamkan api yang pecah di kapal Angkatan Laut. Meskipun mesin ini masih dalam pengembangan, diharapkan dapat bereaksi dengan cepat terhadap kebakaran dan menahan suhu yang jauh lebih tinggi dari tubuh manusia, sehingga menjaga para pelaut dari bahaya.

[Gambas:Video CNBC]

HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading