Gak Pake Lama, Merchant GoPay Sudah Bisa Akses QRIS via GoBiz

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
22 January 2020 14:44
Gak Pake Lama, Merchant GoPay Sudah Bisa Akses QRIS via GoBiz
Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk percepat adopsi QRIS, merchant GoPay bisa mengakses kode QRIS melalui aplikasi GoBiz. Syaratnya, merchant diharapkan sudah melakukan update aplikasi GoBiz terbaru. Sebagai e-money dengan pengguna terbanyak di Indonesia, GoPay sudah memproses paling banyak mitra untuk dapat menerapkan QRIS.

Head of Government Relations & Public Policy GoPay, Brigitta Ratih Aryanti mengatakan GoPay akan terus mendorong implementasi QRIS sesuai arahan dari Bank Indonesia di ratusan ribu rekan usaha GoPay, mulai dari pedagang kecil, rekan donasi hingga institusi pendidikan.



"Teknologi bisa jadi solusi untuk mempercepat proses migrasi QRIS. Jika belum mendapatkan stiker QR static, merchant bisa mengakses QRIS melalui aplikasi GoBiz, superapp kami khusus untuk mitra usaha," ujarnya mengutip keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (20/1/2020).


"Kami yakin QRIS akan berdampak positif bagi industri, baik pemain, pengguna dan rekan usaha karena adanya efisiensi," imbuhnya.

Sambil menunggu QRIS jadi dan dicetak, merchant GoPay yang sedang dalam proses pendaftaran bisa mengakses QRIS melalui aplikasi GoBiz. Caranya, pedagang tinggal menunjukkan QRIS yang ada di aplikasi GoBiz. Pengguna tinggal memindai QRIS tersebut untuk bertransaksi non tunai. GoBiz adalah aplikasi untuk merchant GoPay untuk mengecek histori transaksi.

Tuti, salah satu penjual warung nasi rames di Pujasera Blok M Jakarta Selatan telah menggunakan QRIS sejak akhir tahun lalu mengakui adanya peningkatan transaksi non tunai.

"Pelanggan saya emang kebanyakan sudah memilih pakai non tunai karena lebih praktis. Praktis buat saya, karena gak perlu kembalian, praktis juga buat pembeli. Semenjak pasang QRIS, sekarang jadi makin banyak yang bayar non tunai karena QRIS bisa dipakai buat semua aplikasi. Sekarang pelanggan saya jadi lebih gampang kalau mau bayar pakai GoPay atau apapun, karena tinggal scan di QR yang sama," ujar Tuti.



Dengan QRIS, konsumen bisa bertransaksi secara nontunai lebih mudah hanya menggunakan satu kode QR.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading