Rutin Latih Unit Darurat, Gojek Perkuat Standar Keamanan

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
09 March 2021 18:53
Pelatihan 0leh UN Women terhadap Tim Unit Darurat Gojek. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Gojek menerapkan standar keamanan tertinggi layanan yang aman bagi perempuan dan semua pengguna. Gojek juga melakukan dua inisiatif bekerja sama dengan UN Women untuk memperkuat standar dan kemampuan Tim Unit Darurat, serta menambah jumlah Zona Aman sebagai ruang tunggu yang aman untuk menunggu layanan transportasi umum.

Senior Manager Public Affairs Gojek Josefhine Chitra mengatakan keamanan dan keselamatan adalah prioritas utama di dalam ekosistem Gojek, termasuk bagi pengguna dan driver perempuan. Sejak awal beroperasi pihaknya pun telah mempelopori inisiatif untuk meningkatkan standar keamanan layanan transportasi, termasuk dengan meluncurkan inisiatif #AmanBersamaGojek pada 2020.

"Walau kami berharap tidak akan ada pengguna yang perlu menekan emergency button di aplikasi kami, kami tetap mempersiapkan diri jika insiden buruk terjadi, termasuk dengan memberikan refresher training dalam hal penanganan pelaporan kepada Tim Unit Darurat Gojek yang kali ini diajarkan oleh UN Women. Selain itu, kami juga telah mempunyai prosedur untuk menawarkan bantuan layanan psikologis, medis, dan hukum jika pelapor membutuhkan," ungkap Josefhine.


Gojek meningkatkan standar dan kemampuan Tim Unit Darurat Gojek bersama UN Women untuk menerapkan prinsip fundamental dalam menangani pelaporan. Prinsip tersebut mencakup menciptakan rasa aman melalui empati, penerimaan, dan kepedulian. Tidak menyalahkan korban, tidak menghakimi, membangun hubungan yang setara, menghargai latar belakang yang berbeda, dan memberdayakan korban melalui pemberian informasi yang berguna.

Dia juga menyebutkan Gojek menambah Zona #AmanBersamaGojek di lokasi strategis yang berada di Bogor, Bandung, dan Surabaya mulai pertengahan Maret 2021. Setelah sejak 2019 tersedia di Stasiun Sudirman, Stasiun MRT Lebak Bulus, dan Stasiun Bekasi. Zona #AmanBersamaGojek merupakan ruang ramah perempuan yang memanfaatkan ratusan shelter atau titik jemput Gojek yang ada di berbagai lokasi di Indonesia.

Selain itu, berdasarkan riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menunjukkan bahwa mayoritas konsumen (93%) menganggap keamanan produk dan layanan Gojek lebih baik dari standar industri.

Head of Program UN Women Dwi Yuliati-Faiz mengatakan Gojek telah menjadi pionir di industri yang menandatangani women empowerment principles ini di antara 58 perusahaan di Indonesia dan di antara 4.000 perusahaan lainnya di dunia.

Pelatihan rutin untuk Tim Unit Darurat Gojek bertujuan untuk menjaga serta memperkuat standar kualitas layanan yang telah ada saat ini. Layanan Tim Unit Darurat Gojek tak berhenti pada penanganan laporan saja. Tim ini juga menjalankan standar operasional layanan untuk membantu pelapor yang merasa membutuhkan penanganan lebih lanjut.

"Gojek menawarkan bantuan lanjutan seperti pendampingan psikologis serta bantuan medis atau pengobatan untuk pelapor apabila dibutuhkan. Lalu, apabila pelapor hendak memproses ke jalur hukum, Gojek juga siap membantu dengan memberikan bukti-bukti yang diperlukan," tutup Josefhine.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading