GoPay, Cara UMKM Untuk Menggapai Mimpi

Tech - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
28 November 2019 18:48
CEO GoPay Aldi Haryopratomo menyatakan bahwa GoPay bukan cuma sekedar metode pembayaran, tapi cara untuk menggapai mimpi pedagang kecil.
Jakarta, CNBC Indonesia- CEO GoPay Aldi Haryopratomo menyatakan bahwa GoPay bukan cuma sekedar metode pembayaran, tapi cara untuk menggapai mimpi pedagang kecil.

Hal tersebut diungkapkan oleh Aldi ketika menjadi pembicara di acara Google for Indonesia (#Google4ID) untuk keempat kalinya pada Rabu, 20 November 2019.

Menurutnya, tak banyak yang tahu, Gojek yang selama ini dikenal sebagai superapp untuk konsumen, juga memiliki superapp untuk merchant, yakni rekan usaha seperti restoran, rumah makan dan juga superapp untuk driver.


Menurutnya, pedagang kecil biasanya menghadapi banyak tantangan saat ingin membuka cabang baru atau untuk bisa berkembang. Selain modal, adanya isu kepercayaan soal manajemen keuangan di cabang baru, atau takut uang dicuri karyawan dan sebagainya.


Namun dengan GoPay, sistem pembayaran dilakukan secara non tunai sehingga meningkatkan transparansi antara pemilik usaha dan karyawan. Melalui aplikasi untuk merchant, pedagang juga bisa melihat transaksi harian yang sudah tercatat secara otomatis.

"Ini jadi contoh bagaimana kami membantu UMKM dan pedagang kecil untuk maju. E-money ini bukan hanya jadi cara pembayaran, tapi sebagai cara menggapai mimpi bagi orang-orang yang kami bantu. Sejak awal kami adalah perusahaan yang membantu pedagang, restoran, dan driver," ujarnya.
GoPay, Cara UMKM Untuk Menggapai MimpiFoto: CEO GoPay Aldi Haryopratomo (dok: Istimewa)

Di kesempatan tersebut, Aldi bercerita mengenai pertemuannya dengan salah satu driver bernama Nilawati. Driver yang telah mengaspal bersama Gojek selama 3 tahun ini berterima kasih karena berhasil mencicil KPR dengan GoPay. Melalui kerjasama GoPay dengan Bank BTN untuk pinjaman KPR, Nilawati setiap hari menabung di GoPay.

"Mari kita sama-sama bergotong royong agar yang menikmati manfaat e-money bukan hanya orang-orang di mall, yang belanja untuk cashback, tapi untuk mereka yang ingin anaknya bisa kuliah, bisa beli rumah," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Aldi juga mengatakan bahwa popularitas digital wallet seperti GoPay terus meningkat dan lekat dengan cashback. Hal ini sejalan dengan laporan yang dirilis Google, '2019 Year in Search Indonesia' yang menyatakan hampir 3x lipat masyarakat Indonesia mencari bagaimana cara menggunakan e-money seperti GoPay.


Pengguna paling diuntungkan dengan adanya cashback. Tapi jika ditilik lebih jauh, manfaat paling besar justru dirasakan oleh mitra usaha, khususnya pedagang kecil dan driver yang sebelumnya tidak punya rekening bank.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading