Kebijakan PM Inggris Ini Akan Bikin Trump Murka, Apa Itu?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
20 January 2020 10:28
Kebijakan PM Inggris Ini Akan Bikin Trump Murka, Apa Itu?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Inggris dikabarkan akan segera membuat perjanjian pengembangan teknologi 5G dengan raksasa teknologi asal China, Huawei Technologies. Bila kebijakan ini dilakukan akan membuat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump murka.

Trump telah beberapa kali mengingatkan sekutu lamanya ini akan risiko jika kesepakatan 5G diteken, AS akan memutuskan hubungan keamanan dengan Inggris. Selain itu, para pejabat AS juga telah mengirimkan pesan khusus "Donald Trump mengawasi dengan cermat."


Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dikabarkan akan menyetujui adanya peran 'terbatas' Huawei untuk pengembangan jaringan 5G di Inggris. Seorang Pejabat Inggris mengatakan risiko keamanan yang disebutkan Trump terharap Huawei tidak bisa dipercaya.


"Dunia cybersecurity tidak mendukung perlunya larangan menyeluruh terharap Huawei. Mereka tidak naif dan mereka percaya itu dapat diatasi," ujar pejabat tersebut seperti dikutip dari Business Insider, Senin (20/1/2020).

Komisioner Perdagangan Uni Eropa Phil Hogan, dalam sebuah acara di London, mengatakan ancaman Trump sama sekali tidak dapat dipercaya.

Kebijakan PM Inggris Ini Akan Bikin Trump Murka, Apa Itu?Foto: Infografis/Perang antara Trump & Huawei masih belum berhenti/Aristya Rahadian Krisabella

"Saya tidak berpikir itu akan terjadi pada akhirnya," ujarnya. "Kamu bisa menyebut itu sebagai gertakan."

Dalam kampanyenya, Boris Johnson memang berjanji akan meningkatkan jaringan komunikasi Inggris yang lamban dan secara terbuka mendukung kemungkinan peran Huawei.

Ditanya, pada hari Selasa lalu, apakah dia akan mengizinkan kesepakatan Huawei untuk terus berjalan, Boris Johnson mengatakan kepada BBC bahwa "publik Inggris berhak mendapatkan akses ke teknologi terbaik."

Dia menambahkan: "Jika orang menentang satu merek atau lainnya, mereka harus memberi tahu kami apa alternatifnya?"

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading