Astaga! Nama Presiden Xi Jinping jadi Mr S***hole di Facebook

Tech - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 January 2020 13:33
Astaga! Nama Presiden Xi Jinping jadi Mr S***hole di Facebook
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook Inc. meminta maaf atas pelanggaran yang disebabkan kesalahan teknis pada Sabtu lalu (18/1/2020) ketika nama pemimpin China, Presiden Xi Jinping diartikan sebagai "Mr Shithole" dalam unggahan di platform sosial media tersebut ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dari Burma.

Kesalahan terungkap pada hari kedua kunjungan Presiden Xi ke negara Asia Tenggara, di mana Xi dan penasihat negara Burma (Myanmar), Aung San Suu Kyi, menandatangani lusinan perjanjian yang mencakup rencana infrastruktur besar-besaran yang bakal didukung Beijing.

Sebuah pernyataan tentang kunjungan itu dipublikasikan di halaman Facebook resmi Suu Kyi itu kemudian dipenuhi dengan referensi ke "Mr Shithole" ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, sementara judul di jurnal berita lokal Irrawaddy diterjemahkan menjadi "Dinner honors president shithole", sebagaimana dikutip Reuters, Minggu (19/1/2020).


Astaga! Nama Presiden Xi Jinping jadi Mr Shithole di FacebookFoto: Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi menghadiri KTT ASEAN-China di Singapura pada 14 November 2018. REUTERS / Edgar Su

Tidak jelas berapa lama masalah ini berakhir tetapi fungsi terjemahan Google tidak menunjukkan kesalahan yang sama.

"Kami memperbaiki masalah teknis yang menyebabkan terjemahan yang salah dari bahasa Burma ke bahasa Inggris di Facebook. Ini seharusnya tidak terjadi dan kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan itu tidak terjadi lagi. Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggaran yang disebabkan ini," kata Facebook dalam sebuah pernyataan.


Sistem Facebook tidak memiliki nama Presiden Xi Jinping di database bahasa Burma, sehingga besar kemungkinan terjemahan berubah, kata Facebook. Tes terjemahan kata-kata serupa yang dimulai dengan "xi" dan "shi" dalam bahasa Burma juga menghasilkan kata "shithole", tambahnya.



Sontak hal ini pun ramai di media sosial. Sejumlah netizen pun berkomentar menanggapi kesalahan Facebook ini.

"Keep your head down [awas tundukkan kepala], Zuck," tulis akun @Chrissmousse3, memperingkatkan Mark Zuchekerberg, sang pendiri Facebook.
(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading