Belum Upgrade Windows 7 ke Windows 10? Simak Nih Bahayanya!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 January 2020 06:53
Foto: Windows 7
Jakarta, CNBC Indonesia - Microsoft resmi menghentikan dukungan pada Window 7 sejak 14 Januari 2020. Setelah ini komputer dan laptop akan lebih rentan untuk diserang virus dan malware.

Microsoft menghentikan dukungan pada Windows 7 setelah 11 tahun beroperasinya sistem operasi (OS) ini. Windows 7 merupakan OS dengan penjualan tercepat yang pernah dibuat oleh perusahaan yang didirikan Bill Gates.

"Jika komputer Anda masih menjalankan Windows 7, komputer itu tak lagi menerima update security. Sangat penting bagi Anda untuk melakukan upgrade ke sistem operasi yang lebih modern seperti Windows 10, yang akan bisa memberikan update security terbaru untuk menjaga Anda dan data Anda tetap aman," ujar Microsoft dalam situsnya, seperti lansir Rabu (15/1/2020).


Lalu apa risiko bila tak upgrade Windows 7 ke Window 10? Mengguna Windows 7 memang memiliki potensi risiko yang lebih besar. Para hacker jahat bisa mengekspoitasi kerentanan perangkat dengan serangan phising atau malware dan mendapatkan akse ke data.

Serangan ransomware WannaCry pada Mei 2017 menunjukkan betapa rentannya perangkat yang tak menerima pembaruan security.

Sebelumnya virus WannaCry, ditemukan kerentanan BlueKeep, yang jika berhasil menyusup ke perangkat hacker jahat akan bisa melakukan serangan jarak jauh yang tidak terlacak, untuk terhubung ke server Windows.

National Cyber Security Center Inggris bahkan mengeluarkan peringatan agar pengguna jangan menggunakan Windows 7 ketika mengakses data pribadi.

"NCSC akan mendorong masyarakat untuk upgrade perangkat yang saat ini masih menjalankan Windows 7, memungkinkan mereka untuk terus menerima update software yang membantu melindungi perangkat mereka," kata juru bicara NCSC seperti dilansir dari ZDNet.

"Kami akan mendesak mereka untuk mengganti perangkat yang tidak didukung sesegera mungkin, untuk memindahkan data sensitif ke perangkat yang terlindungi dan tidak menggunakan komputer Windows 7 untuk tugas-tugas seperti mengakses layanan perbankan dan akun sensitif lainnya. Mereka juga harus mempertimbangkan mengakses email dari perangkat yang berbeda."

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Secara Gratis
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading