Soal Streaming Film Bajakan, Menkominfo: Minta Izin Saja

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 January 2020 16:11
Menteri Kominfo Johnny G Plate meminta masyarakat untuk tidak mengakses web streaming film bajakan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerald Plate meminta masyarakat untuk tidak mengakses web streaming film bajakan. Pasalnya hal tersebut tidak menghargai kerja dari pegiat film. Hal ini disampaikan oleh Johnny Plater di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Johnny Plate mengatakan kalau masyarakat mengakses semua film bajakan akan menyusahkan masyarakat lain seperti para sinematografi atau penggiat film.


"Janganlah sinematografi yang menghasilkan, mempunyai gagasan dan menghasilkan kreativitas setengah mati tetapi [nontonnya] bajakan. Minta izin [saja] dikasih pasti," jelas Johnny Plate.


Sebelumnya Kominfo mengatakan salah satu fokus pemerintah tahun ini adalah memberantas web streaming film bajakan demi melindungi hak kekayaan intelektual.

Web streaming film bajakan membuat rugi para pembuat film. Pasalnya pembuat film tidak mendapatkan pendapatan dari bisnis tersebut. Namun pengelola web streaming film ilegal malah mendapatkan penghasilan dari kunjungan dalam situs karena penggunjung dijejali dengan iklan.

Sejak 1 Januari 2020, web streaming film bajakan IndoXXI memutuskan untuk menghentikan operasi dengan alasan melindungi kreativitas di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading