Impor Tas, Baju, Sepatu via Online Kena Bea Masuk Lebih Mahal

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 December 2019 15:57
Pemerintah kenakan tarif baru untuk impor beberapa barang tertentu. Tarif untuk baju, sepatu, dan tas kena lebih mahal
Jakarta, CNBC Indonesia - Impor barang yang dilakukan via Toko Online atau e-Commerce sampai dengan harga US$ 3 akan dikenakan Bea Masuk.

Sebelumnya Bea Cukai membuat aturan impor barang minimal seharga US$ 75 yang kena bea masuk. Aturan baru ini, akan berlaku pada Januari 2020 mendatang.

"Sekarang ini barang kiriman di bawah US$ 75 diberikan fasilitas bebas bea masuk. Nah nantinya diturunkan bebas bea masuk jadi US$ 3," kata Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi, dikutip Selasa (24/12/2019).


Dengan kata lain, maka barang seharga di atas US$ 3 atau Rp 45.000 (Asumsi Kurs US$ 1 = Rp 15.000) dikenakan tarif bea masuk pajak.



Adapun tarifnya 7,5% untuk bea masuk dan PPh 10% dengan NPWP. Sementara tanpa NPWP sebesar 20%.

"Untuk treshold ditetapkan 2 kebijakan. Bea masuk dari US$ 75 menjadi US$ 3. Ini untuk melindungi saudara kita yang produksi barang di sini dan diperdagangkan di e-commerce," kata Heru.

"Kita juga mengubah pajak menjadi tidak ada ambang batas. Artinya dari US$ 1 kena pajak," terangnya.

Pemerintah dalam hal ini Kemenkeu juga memperhatikan masukan khusus yang disampaikan oleh pengrajin dan produsen barang-barang yang banyak digemari dan banjir dari luar negeri yang mengakibatkan produk mereka tidak laku seperti tas, sepatu, dan garmen.

Seperti diketahui beberapa sentra-sentra pengrajin tas dan sepatu banyak yang gulung tikar dan hanya menjual produk dari China.

Untuk menjawab hal tersebut, dalam aturan baru ini pemerintah secara khusus membedakan tarif atas produk tas, sepatu dan garmen. Sehingga khusus untuk tiga komoditi tersebut, tetap diberikan de minimis untuk bea masuk sampai dengan US$ 3 dan selebihnya diberikan tarif normal (MFN) yaitu:

Bea Masuk untuk
tas 15% - 20%
Sepatu 25% - 30%
Produk tekstil 15% - 25%.
PPN 10%
PPh 7,5% - 10%

[Gambas:Video CNBC]


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading