Ditunjuk Jokowi Jadi Dirut PLN, Ini Profil Rudiantara

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
09 December 2019 11:05
Ditunjuk Jokowi Jadi Dirut PLN, Ini Profil Rudiantara
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Rudiantara sebagai direktur utama PT PLN (Persero).

"Jadi saya kira Pak Presiden menunjuk Pak Rudi [Rudiantara] sudah keputusan yang sangat tepat dan saya kira PLN akan lebih bagus nanti," kata kepada wartawan usai memberikan sambutan pada Acara Pembukaan RUA INSA XVII Tahun 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (10/12/2019).

Sebelum pernyataan ini, nama Rudiantara sebagai dirut baru PLN memang santer disebut. Sosok lain adalah Direktur Eksekutif LPEI Sinthya Roesly.


Rudiantara adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Periode 2014-2019. Rudiantara merupakan menteri yang berlatar belakang profesional.


Rudiantara merupakan alumnus Universitas Padjajaran, yang memulai karir sebagai General Manager Business Development Indosat. Ketika itu Indosat masih menjadi bagian dari BUMN.

Selama 1996 hingga 2006, Rudiantara mengembangkan karier di bidang telekomunikasi termasuk pernah menjadi pejabat eksekutif di Telkomsel, selain di Indosat. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Hubungan Korporat PT XL Axiata Tbk dari 2005-2008.

Setelahnya dia melanjutkan karir sebagai Wakil Direktur Utama PT Semen Gresik Indonesia, Presiden Direktur dan CEO PT Bukit Asam Transpacific Railways dan PT Rajawali Asia Resources.

Di PLN, Rudiantara pernah menjabat sebagai wakil direktur utama pada 2008-2009. Ia terlibat dalam pencarian dana untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt.

Sebelum, Menteri BUMN di Era Susilo Bambang Yudhoyono, Dahlan Iskan mengatakan Rudiantara cocok menjadi direktur utama PLN. Ia bilang, pemilihan Rudiantara bisa menghindarkan PLN dari persoalan tarik-menarik.

"Sesekali alumni Universitas Padjadjaran Bandung menjabat Dirut PLN. Memang bukan dari fakultas tekniknya, tapi dari jurusan statistik. Tidak terlalu jauh. Pasti lebih baik dari sekadar lulusan pesantren seperti saya," Dahlan memberikan rekomendasi.

Terlebih, Dahlan menyebut, Rudiantara pernah menjadi Wadirut Semen Gresik. Pernah juga jadi CEO banyak perusahaan besar.

Dengan catatan itu, dikatakan bahwa naluri bisnis Rudiantara sangat baik. Dia mengklaim, keahlian Rudiantara di bidang keuangan juga istimewa.

"Di PLN itu titik beratnya "hanya" pada leadership. Ahli-ahlinya luar biasa banyak. Yang lebih berat adalah masalah politiknya. Saya bisa bercerita banyak soal ini."

[Gambas:Video CNBC]




(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading