Menkominfo: RI Siap Gantikan Eselon III dengan 'Robot AI'

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
06 December 2019 16:51
Menkominfo: RI Siap Gantikan Eselon III dengan 'Robot AI'
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) memiliki rencana untuk memangkas jumlah eselon III dan IV di di kementrian dengan teknologi robot Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan (AI) pada 2020. Sudah siapkah Indonesia?

Menanggapi hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate, optimistis bahwa infrastruktur di Indonesia sudah memadai untuk menerapkan teknologi artificial intelligence menggantikan pejabat eselon III & IV.


"Infrastruktur kita sudah tersedia dan memungkinan menggunakan less human interface, peran manusia yang lebih sedikit. Kan bisa di lakukan sistem, hal-hal teknis sudah  bisa kita serahkan dan dilakukan oleh perangkat-perangkat mesin, robotik, artificial intelligence. Apalagi cloud computing sudah ada di Indonesia, internet di kota-kota besar sudah cukup cepat," ujar Johnny, di Kominfo, (6/12/2019).


Menurut Johnny, pemangkasan itu akan dilakukan oleh kementerian-kementerian bersangkutan sesuai kebutuhannya masing-masing. Ia mencontohkan seperti Kominfo yang sudah melakukan pemangkasan seperti pada program yang dinamakan Online Single Submission.

"Di Kominfo ada yang namanya online single submission, itu sudah mesin semua. Di sini tidak perlu lagi ada orang yang menerima dokumen mencatat dokumennya, bikin memo, disposisi, ngetik, itu tidak perlu lagi di Kominfo. Satu hari masuk saat itu tekan pencet keluar hasilnya izinnya keluar," ujarnya.

Selain itu, Johnny juga menjelaskan roadmap atau peta jalan untuk mensukseskan rencana untuk Indonesia bermigrasi atau bertransformasi menjadi bangsa digital, ada 4 hal yang perlu diperhatikan. Pertama, menata regulasi dengan baik. Kedua, kita mengelola frekuensi yang disebut frekuensi spektrum baik itu di low band, medium band maupun super high band. 

Ketiga, harus menyelesaikan pembangunan infrastruktur ke wilayah-wilayah terpencil dengan fiber optik maupun satelit. Keempat, Indonesia harus memiliki digital talenta dan Telko talenta yang banyak atau ahli-ahli talenta di bidang digital dan telekomunikasi.

Menteri Kominfo juga berujar bahwa publik jangan terlalu khawatir atas pemangkasan eselon III dan IB menjadi robot.

"Kita perlu catat saat era AI dan digital masuk, dikatakan robot akan mengambil alih pekerjaan manusia, namun robot juga bisa membuat pekerjaan baru untuk manusia. Jadi jangan resistance terhadap perkembangan teknologi," ujarnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading