Jutaan Orang Tak Menyadari Tawaran Investasi Binomo Ilegal

Tech - Efrem Limsan Siregar, CNBC Indonesia
22 November 2019 18:02
Kepala Bappepti menegaskan situs Binomo belum mempunyai legalitas sehingga tak dibolehkan beroperasi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan, Tjahja Widayanti, menegaskan situs Binomo belum mempunyai legalitas sehingga tak dibolehkan beroperasi.

Tjahja mengatakan, situs Binomo belum terdaftar di Bappebti. Dengan begitu, Binomo dianggap belum mempunyai legalitas. "Dari hasil penelusuran kami, situs Binomo ini belum terdaftar di Bappebti," kata Tjahja kepada CNBC Indonesia, Jumat (22/11/2019).

Tindakan tegas akan diambil. Tjahja mengatakan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menutup situs tersebut. "Kami akan minta pihak registrasi untuk menutup," kata Tjahja.


Situs Binomo sudah masuk dalam domain situs entitas ilegal pada Oktober 2019. Dalam rilis Bappebti pada 11 November 2019, dua domain Binomo, yaitu binomo.net dan binomo.com masuk dalam daftar Pialang Berjangka Tanpa Izin Bappebti dan IB Pialang Luar Negeri.

Lebih lanjut dijelaskan, Bappebti rutin melakukan pemantauan dan pengawasan baik secara online maupun atas laporan masyarakat terhadap entitas illegal yang melakukan penawaran Kontrak Berjangka tanpa memiliki izin dari Bappebti yang berpotensi merugikan masyarakat.

"Entitas-entitas tersebut biasanya menawarkan investasi berkedok forex dengan menjanjikan keuntungan tetap atau fixed income di luar kewajaran dalam bentuk paket-paket investasi seperti Paket Silver, Gold, Platinum dan sebagainya untuk menarik calon korbannya. Selain itu juga terdapat entitas yang melakukan kegiatan selayaknya Pialang Berjangka dengan menjadi Introducing Broker (IB) dari Pialang Luar Negeri," kata Tjahja sebagaimana dikutip.

Sepanjang Oktober 2019, Bappebti telah memblokir 58 domain situs entitas illegal di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi. Total, sepanjang tahun 2019 sebanyal 199 domain telah diblokir oleh Bappebti.

CNBC Indonesia menghubungi narahubung yang tertera di aplikasi Binomo untuk meminta konfirmasi. Namun panggilan melalui sambungan telepon ini direspon dengan suara berbahasa asing. Melalui fitur chat di aplikasi Binomo, CNBC memperoleh balasan.

"Binomo adalah platform trading pilihan biner. Singkatnya, Anda harus membuat perkiraan yang benar tentang harga aset (apakah harga akan naik atau turun). Perusahaan ini didirikan pada tahun 2014. Binomo adalah broker bersertifikat yang stabil (FMRRC), dan juga anggota Financial Commission."

"Binomo menjamin transparani hubungan dengan pelanggannya. Binomo tidak memengaruhi grafik sama sekali. Kami menggunakan kutipan harga yang kami terima dari agen kami. Juga perlu untuk diketahui bahwa Binomo sudah bekerja sejak tahun 2014 dan memiliki klien lebih dari 16 juta dari seluruh dunia. Binomo adalah platform bersertifikat IFMRRC dan kami adalah member aktif dari Financial Commission," tulis pesan tersebut.

Tidak disebutkan siapa identitas pengirim pesan. Namun, pesan tersebut menginformasikan saat ini Binomo sedang dalam keadaan normal yang dapat diakses melalui binomo.org/id.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading