Bikin Gojek & Jadi Mendikbud, Nadiem Makarim Masuk Time 100

Tech - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
18 November 2019 15:11
Bikin Gojek & Jadi Mendikbud, Nadiem Makarim Masuk Time 100
Jakarta, CNBC Indonesia - Majalah Time merilis daftar Time 100 Next 2019. Dalam daftar tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang juga mantan bos Gojek, Nadiem Makarim, masuk sebagai salah satu rising star.

Nadiem masuk dalam kategori leaders (pemimpin), bersama 21 tokoh lainnya. Dalam kategori itu terdapat pula Presiden Costa Rika Carlos Alvarado Quesada, anggota senat AS Lauren Underwood, dan Menteri Lingkungan Hidup Jepang Shinjiro Koizumi.


Dalam websitenya Time menyebut Nadiem sebagai pengusaha yang meninggalkan perusahaannya yang populer untuk menjadi "pembantu" Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Jabatan sebagai Menteri, meletakkan ia ke posisi sebagai pemimpin masa depan di ekonomi terbesar ke 16 dunia itu," tulis Times sebagaimana dikutip CNBC Indonesia, Senin (18/11/2019).

"Nadiem akan membawa jiwa muda, semangat pengusaha dalam Kabinet," tulis media itu lagi mengutip ucapan Wakil Direktur Center for Strategic and International Studies (CSIS) Brian Harding.

Selain kategori pemimpin, Time juga memasukkan sejumlah kategori lain, seperti artis, pengacara, fenomena dan penemu. Penyanyi AS Camila Cabello masuk dalam kategori artis sementara girlband asal Korea Selatan (Korsel) Blackpink masuk dalam kategori phenomena.


"Ketika kita mempublikasikan daftar Time 100 pada pertama kali 15 tahun lalu, daftar ini didominasi tokoh-tokoh dengan struktur kekuasaan yang tradisional: seperti kepala negara, CEO perusahaan, aktor dari film blockbuster, atau pemimpin suatu lembaga global," kata CEO Time Edward Felsenthal.

Kali ini, kata dia, majalah tersebut mencoba lebih luwes dan melihat dari berbagai sisi, mulai dari politik, perdamaian, kebudayaan, kesehatan dan lainnya. Tidak ada batasan usia dalam penentuan tokoh-tokoh ini.

[Gambas:Video CNBC]




(sef/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading