Mas Nadiem Makarim Ditantangi Sri Mulyani Nih!

Tech - Efrem Limsan Siregar, CNBC Indonesia
14 November 2019 16:38
Mas Nadiem Makarim Ditantangi Sri Mulyani Nih!
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan dana alokasi khusus (DAK) non fisik tahun depan akan mencapai Rp 130,3 triliun atau meningkat 4,6% dari tahun 2019. DAK non fisik ini salah satunya untuk mendorong sisi pendidikan dan kesehatan kesehatan.

"Menteri Pendidikan sekarang kombinasi antara Mendikbud dan Mendikti, mungkin kita akan melihat bagaimana inisiatif beliau dalam mengefektifkan belanja pendidikan yang sebagai besar dalam bentuk DAK non fisik untuk bantuan operasi sekolah," ujar Sri Mulyani di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Kamis (14/11/2019).


"Kita berharap nanti Mendikbud (Nadiem Makarim) bisa komunikasi dengan daerah sehingga penggunaan anggaran pendidikan melalui DAK non fisik bisa menjadi betul-betul efektif meningkatkan kualitas pendidikan.



Sri Mulyani mengungkapkan untuk menjadikan Indonesia maju hanya bisa terjadi kalau manusianya memiliki pendidikan, pengetahuan, skill (kemampuan0 dan juga karakter serta etor kerja yang baik.

"Makanya semuanya fokus manusia yang harus menjadi baik, dana insentif daerah tahun depan mencapai Rp 15 triliun, ini naik 50% dari tahun ini yang hanya Rp 10 triliun," tambah Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga berharap DAK non fisik ini akan membuat seluruh daerah memiliki tingkat dan kualitas layanan yang relatif sama dan setara sehingga rakyat merasa negara hadir dan hadirnya dengan kualitas yang relatif sama.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading