Baru Berdiri, BRI Venture Suntik Rp 1,5 T ke Startup RI

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
18 November 2019 15:00
BRI Ventures telah menyuntikan dana Rp 1,5 triliun ke startup pencairannya akan dilakukan secara bertahap.
Jakarta, CNBC Indonesia - BRI Ventures telah menyuntikkan dana Rp 1,5 triliun ke startup. Anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) ini menyiapkan dana US$ 250 juta atau Rp 3,5 triliun (kurs Rp 14.000) dan akan berperan sebagai investor untuk membangun fintech dalam pembentukan ekosistemnya.

"Tahun ini sudah Rp 1,5 triliun yang disalurkan ke startup, tetapi aplikasinya kan bertahap. Jadi tidak langsung dikasih semua, karena semua siklus," kata  Direktur Digital, Teknologi Informasi, dan Operasi Bank BRI Indra Utoyo, Senin (18/11/2019).

Salah satu fintech yang disuntikan modal yakni LinkAja, dimana BRI memiliki porsi sekitar 17% di dompet elektronik BUMN tersebut. Meski ada beberapa lagi yang disuntikan dana, Indra enggan menyebutkan jumlah dan nama-namanya.


Pendanaan di perusahaan rintisan dinilai bisa memberikan manfaat strategis dan nilai, terutama dalam mengembangkan ekosistem digital. Selain itu, pendanaan bukan hanya terbatas pada fintech milik BUMN. Misalnya saja BRI tengah menjajaki kerja sama dengan Traveloka, meski belum ada rincian kolaborasi tersebut.

Sebelumnya, Indra mengatakan membuka kesempatan bagi fintech agar bisa memanfaatkan platform digital milik BRI yakni BRIAPI (BRI Application Programming Interface).

"Sebagai bank dengan jaringan terbesar di Indonesia, kami ingin membuka peluang berkolaborasi dengan startup fintech. Kami sangat terbuka bagi startup fintech untuk memanfaatkan produk Open Banking BRI atau platform digital milik BRI yakni BRIAPI," kata Indra, Senin (23/9/2019).

BRIAPI diharapkan bisa menjadi jembatan penghubung antara Bank BRI dan industri startup yang terus berkembang. Utamanya untuk meningkatkan brand awareness transformasi digital yang telah dilakukan Bank BRI kepada pelaku startup.


Asal tahu saja, BRI Ventures sebelumnya bernama PT Sarana Nusa Tenggara Timur Ventura yang dimiliki Bahana Artha Ventura. Pada awal 2019, perusahaan ini diakuisisi BRI dan berganti nama. BRI memegang 99,96% saham BRI Ventures.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading