BRI Ventures Bagi-bagi Tips Bangun Startup, Simak!

Tech - dob, CNBC Indonesia
11 February 2021 20:45
infografis Mengenal Istilah dan 4 startup unicorn RI

Jakarta, CNBC Indonesia- BRI Ventures (BVI) meluncurkan serial startup yakni seri video edukasi startup yang bisa diakses secara terbuka bagi masyarakat luas. Serial video yang tersedia secara gratis tersebut merupakan wujud nyata BRI Ventures dalam mendukung ekosistem startup Tanah Air agar lebih luas dan merata ke seluruh penjuru Indonesia.

Dalam serial video ini, BRI Ventures juga memaparkan bagaimana membentuk pola pikir seorang founder startup yang lebih kreatif dan tangguh untuk menghadapi tantangan industri. Terutama dengan mengetahui langkah yang tepat mengubah sebuah ide menjadi produk yang menarik.

Termasuk juga menentukan strategi marketing yang tepat sasaran. Ditambah lagi tentang membentuk tim yang solid sebagai kunci kesuksesan sebuah startup agar bertumbuh pesat. Sebab tim yang solid diyakini lebih mampu meyakinkan investor.


"Tentunya banyak yang dapat dipelajari dari fenomena startup yang telah berjalan hampir 10 tahun. Kami hanya ingin merangkum pengetahuan basic yang perlu diketahui seorang founder startup. Sejauh ini konten yang terkait dalam Bahasa Indonesia masih sangat minim. Kami berharap informasi seperti ini menjadi lebih banyak dan bermanfaat bagi lajunya perkembangan startup di kemudian hari. Banyak hal menarik yang perlu diamati yaitu perspektif founder, pengelolaan dan pengembangan usaha, hingga fundraising," ujar Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures di Jakarta.

Serial video yang diusung dengan nama "Moving Forward bersama BRI Ventures" ini hadir dalam 20 episode yang secara lengkap membahas petunjuk membangun sebuah startup. Meliputi problem and solution fit, product market fit, business model fit, dan sustainability over time. Salah satu bagian yang penting dalam perkembangan sebuah startup, yakni jenis pendanaan startup juga dibahas tuntas dalam salah satu episode. Isinya mengulas hak dan kewajiban sebuah startup ketika memperoleh pendanaan.

Pemateri dalam video merupakan profesional di bidangnya atau founder startup yang telah sukses. Mereka akan berbagi pengalaman dan memberikan tips untuk membangun startup. Menariknya lagi, seluruh konten video startup ini bisa diakses gratis di Youtube.

"Materi yang disampaikan dikemas secara menarik oleh beberapa founder yang tentunya di bawah naungan portfolio BRI Ventures. Mereka tidak hanya berpengalaman dibidangnya masing-masing, tetapi juga merupakan pelopor dari industri yang ditekuni," tambahnya.

Laporan Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2020 telah mencapai 196,7 juta orang dari total jumlah penduduk 266 juta. Angka tersebut setara 73,6% jumlah populasi Indonesia. Hal serupa ditunjukkan riset tahunan bertajuk "e-Conomy SEA 2020" yang dilakukan oleh Google, Temasek, dan Bain & Company dimana menunjukkan konsumsi digital masyarakat di tahun 2020 mengalami peningkatan yang besar.

Oleh karena itu, kehadiran serial startup oleh BRI Ventures diharapkan mampu membuka akses yang lebih merata bagi perkembangan startup di Indonesia. Diharapkan dengan serial "Moving Forward" ini, para founders di seluruh tanah air dapat mengakses konten berisi informasi lengkap seputar dunia startup digital dengan bahasa Indonesia.

Serial video startup ini dapat menjadi angin segar di tengah minimnya resource konten pembelajaran startup dengan konten yang relevan dengan konteks lokal saat ini. Adapun serial startup tersebut bisa diakses melalui channel YouTube BRI Ventures.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading