Transformasi, BRI Institute Jadi Kampus Fintech Pertama di RI

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
18 November 2019 14:44
BRI Institute menjadi kampus fintech pertama di Indonesia. Transformasi dilakukan seiring perkembangan digital.
Jakarta, CNBC Indonesia- BRI Institute menjadi kampus fintech pertama di Indonesia. Transformasi dilakukan seiring perkembangan digital, sehingga dibutuhkan lembaga pendidikan yang sejalan dengan perkembangan teknologi, sosial, dan ekonomi.

"PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) melalui Yayasan Brilian Indonesia Gemilang berusaha mempersiapkan kaum muda yang mampu menghadapi semua perubahan dan tantangan tersebut melalui Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute)," kata Direktur Digital, Teknologi Informasi, dan Operasi Bank BRI Indra Utoyo, di sela Dies Natalis BRI Institute, Senin (18/11/2019).


Indra menyampaikan pentingnya sektor perbankan dan keuangan dalam menyambut disrupsi teknologi yang kian pesat di industri keuangan. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan tatanan ekonomi dunia berubah sangat cepat.


"Ini berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat, dan sebagai bangsa yang besar kita harus memiliki sumber daya manusia dengan keterampilan dan pengetahuan yang mampu menghadapi perubahan dan perkembangan tersebut," katanya.

Transformasi, BRI Institute Jadi Kampus Fintech Pertama di RIFoto: BRI Institute (CNBC Indonesia/Rahajeng Kusumo Hastuti)

Dalam seminar "From a Global Microfinance Pioneer to a Leading Human Capital in Financial Technology" pun sejalan dengan sejarah panjang Bank BRI yang hampir 124 tahun hadir di industri perbankan. BRI juga mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan dengan pemberdayaan UMKM khususnya melalui sektor keuangan Mikro, dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi di sektor keuangan.

Dalam kesempatan ini BRI dengan MIT (Massachusetts Institute of Technology) di bawah payung MIT Industrial Liaison Program, menandatangani Nota Kesepakatan Kerjasama BRI Institute dengan Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH). Dengan ditandatanganinya dokumen tersebut, diharapkam memperkuat keberadaan BRI Institute sebagai FinTech University.


"Kegiatan  ini menggambarkan peran penting dari BRI Institute bagi Bank BRI dan grup anak perusahaannya untuk menyiapkan tenaga profesional muda dengan kompetensi yang future-proof dalam bidang teknologi informasi dan ilmu keuangan," kata Indra.

Rektor BRI Institute Dana Saroso mengatakan BRI menjadi pionir di bidang mikro finance, namun seiring dengan perkembangan digital dibutuhkan SDM yang tidak hanya unggul dalam mikro finance melainkan juga fintech. Kerja sama dengan MIT bisa memperkuat perkembangan SDM yang berkualitas.


"Data hasil penelitian publikasi oleh MIT kan tidak semua data untuk  publik. Kita bisa mendapatkan data-data itu, sharing data ataupun publikasi, dan mungkin pertukaran pelajar atau dosen" katanya.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading