Bukan Jeff Bezos, Bill Gates Kini Jadi Orang Terkaya di Dunia

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
17 November 2019 06:58
Bukan Jeff Bezos, Bill Gates Kini Jadi Orang Terkaya di Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon bukan lagi orang terkaya di dunia. Pada Jumat (15/11/2019) predikat tersebut direbut oleh Bill Gates pendiri Microsoft.

Menurut Bloomberg Bilionaires Index, pada Jumat lalu kekayaan bersih Bill Gates mencapai US$110 miliar atau setara Rp 1.540 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000), seperti dikutip dari BBC, minggu (17/11/2019).


Ini adalah pertama kalinya co-founder Microsoft menduduki posisi orang terkaya di dunia dalam lebih dari dua tahun terakhir. Bill Gates secara singkat menduduki posisi ini setelah Amazon melaporkan laba bersih perusahaan anjlok 29% pada laporan kuartalan perusahaan. Tapi waktu Bill Gates di puncak hanya berumur pendek.


Kali ini Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia karena harga saham Microsoft yang naik hampir 48% sejak awal tahun. Pada Oktober lalu, Microsoft mengalahkan Amazon perebutan kontrak cloud-computing senilai US$ 10 miliar dari Pentagon.

Bukan Jeff Bezos, Bill Gates Kini Jadi Orang Terkaya di DuniaFoto: Jeff Bezos (REUTERS/Katherine Taylor)

Kekayaan Bezos banyak berkurang karena ia harus membaginya dengan mantan istrinya MacKenzie Bezos setelah resmi bercerai. Kini kekayaan Jeff Bezos tinggal US$108 miliar.

Bill Gates baru-baru ini mengomentari rencana penarikan pajak kekayaan pada perusahaan teknologi yang akan yang diajukan oleh beberapa kandidat politik Demokrat, termasuk Senator Elizabeth Warren.


Dia mengatakan dia sudah membayar lebih dari US$ 10 miliar dalam bentuk pajak dan tak masalah bila harus membayar pajak menjadi US$ 20 miliar. Namun, bila harus membayar US$ 100 miliar, ia akan berpikir ulang dan "melakukan sedikit perhitungan tentang apa yang tersisa."



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading