Tech Babak Belur, Jeff Bezos Bukan Lagi Orang Terkaya Kedua

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
31 October 2022 12:30
Amazon founder Jeff Bezos and Lauren Sanchez pose at the LACMA Art+Film Gala in Los Angeles, California, U.S. November 6, 2021. REUTERS/Mario Anzuoni Foto: REUTERS/MARIO ANZUONI

Jakarta, CNBC Indonesia - Daftar orang terkaya di dunia terus mengalami perubahan setiap tahunnya. Terbaru, nama Jeff Bezos merosot di tiga besar daftar miliarder dunia.

Dalam daftar Real-time Billionaires Forbes per 31 Oktober 2022, Elon Musk masih ada di peringkat ke-1 sebagai orang terkaya di dunia.

Meski usai membeli Twitter, cuan bos Tesla dan SpaceX ini masih banyak. Kekayaan bersihnya sekitar US$223,8 miliar atau sekitar Rp 3.481 triliun.

Sedangkan di posisi orang kedua terkaya di dunia adalah pria asal Prancis Bernard Arnault dan keluarga. Arnault adalah CEO LVMH Mo√ęt Hennessy - Louis Vuitton SE. Kekayaan bersih mereka yakni USD 156,5 miliar atau sekitar Rp 2.434 triliun.

Jika sebelumnya daftar teratas orang terkaya di dunia 2022 didominasi oleh miliarder asal AS, kini ada orang Asia pertama yang berhasil masuk ke posisi tiga besar. Dia adalah Gautam Adani, pengusaha asal India yang kekayaan bersihnya di estimasi US$131,3 miliar ata setara Rp 2.042 triliun.

Sementara Jeff Bezos ada di posisi ke-4. Bezos yang merupakan pendiri Amazon memiliki kekayaan bersih US$ 126,9 miliar atau sekitar Rp 1.974 triliun.

Sebagian besar kekayaan Bezos berasal dari sekitar 10% sahamnya di Amazon. Sejak awal 2022, kekayaannya turun US$66 miliar, menurut perhitungan Forbes.

Saham Amazon dilaporkan jatuh 6,8% pada penutupan pasar Jumat (28/10) menyusul hasil pendapatan kuartal ketiga perusahaan yang dirilis hari sebelumnya.

Saham-saham teknologi yang tahun lalu banyak diburu oleh investor kini seolah tak dilirik lagi. Saham induk perusahaan Google yaitu Alphabet Inc melorot 33,53% tahun ini. Saham perusahaan mobil listrik Tesla Inc ambles 35,13%. Disusul saham Amazon yang merosot 37,97% di saat yang sama.

Saham perusahaan streaming film Netflix dan induk perusahaan jejaring media sosial Facebook & Instagram yaitu Meta Platform lebih miris lagi karena sepanjang tahun ini nilai kapitalisasi pasarnya drop 50,91% dan 70,51%.

Penurunan harga saham-saham teknologi tersebut tentu saja membuat kekayaan pemiliknya juga ikut mengalami penurunan yang signifikan.

Di tengah kejatuhan pasar saham tersebut, founder Amazon Jeff Bezos dilaporkan telah kehilangan kekayaannya sebesar US$ 50 miliar. Kemudian pendiri Microsoft yaitu Bill Gates juga mengalami penurunan kekayaan sebesar US$ 28 miliar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kaya Raya dari Amazon, Jeff Bezos Dulunya Koki di Mcdonald's


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading