Ini Cara Grab Latih Mitra Driver Tuli Berkomunikasi Lancar

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
12 November 2019 11:28
Ini Cara Grab Latih Mitra Driver Tuli Berkomunikasi Lancar
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab mempunyai standar khusus untuk mitra Grab tuli agar tetap bisa berkomunikasi dengan pelanggannya.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, berdasarkan masukan dari mitra pengemudi tuli, Grab telah mengimplementasikan beberapa hal yang dapat membantu mereka berkomunikasi.

"Oleh karena itu, di setiap armada mitra pengemudi Tuli, penumpang akan menemukan Kartu petunjuk di dalam mobil atau stiker di atas motor untuk memfasilitasi komunikasi non-verbal yang lebih baik antara pengemudi dan penumpang," katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (12/11/2019).




Menurutnya, komunikasi tersebut mencakup permintaan yang sering ditemui seperti petunjuk arah, temperatur pendingin udara hingga pembayaran parkir dan juga tol. Grab juga mengaktifkan fitur pesan instan atau trident message.

"Pesan ini memungkinkan penumpang mendapatkan pemberitahuan bahwa dia mendapatkan mitra pengemudi tuli dan mendorong untuk berkomunikasi via GrabChat, alih-alih telepon," jelasnya.

Guna memberikan pelayanan untuk mencapai standar, Grab memberikan pelatihan bagi mitra pengemudi tuli tersebut. Mereka juga melakukan pelatihan dan harus memenuhi syarat-syarat secara umum.

"Ada pelatihan khusus untuk mempermudah kerja sehari-hari. Kami memastikan bahwa materi pelatihan mendalam yang diberikan memiliki teks tambahan lokal serta bahasa isyarat untuk memastikan proses registrasi lebih mudah," tegasnya.

Salah mitra pengemudi Grab tuli adalah Ivan Octa Putra. Ivan adalah mitra GrabCar yang sudah bergabung sejak awal tahun 2019. Berdasarkan pengalamannya, memang ada cara-cara yang digunakan agar dia bisa tetap berkomunikasi dengan pengguna.



Selain memang sudah terpasang notifikasi pada aplikasi, Ivan biasanya meminta pelanggannya untuk menepuk bahu sebagai tanda. Misalnya belok kanan menepuk bahu kanan dan sebaliknya.

"Awalnya saya gugup, tapi lama-lama biasa," ujarnya, dibantu ahli bahasa, Tamiang Tobing di Senayan beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading