Dapat Driver GrabCar Tuli? Ini Cara Gampang Komunikasinya

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
11 November 2019 16:14
Dapat Driver GrabCar Tuli? Ini Cara Gampang Komunikasinya
Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi pelanggan Grab, jangan khawatir jika suatu hari menumpang armada driver dengan kondisi khusus, misalnya tuli. Karena komunikasi bisa tetap lancar dilakukan meski bukan dengan cara anda sehari-hari.

Salah satunya adalah Ivan Octa Putra, Mitra GrabCar Tuli yang punya cara unik untuk tetap bisa berkomunikasi dengan pelanggannya.

Saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, akhir pekan lalu, Ivan punya cara sendiri untuk bisa berkomunikasi dengan pelanggannya. salah satunya adalah memasang gambar isyarat dalam kendaraan miliknya.


"Saya pernah melihat seperti di Malaysia, saya adopsi ke bahasa Indonesia. Ada gambar isyarat tulisan Halo, Terima kasih dan lain-lain," ujarnya.


Ivan juga memberi tips, misalnya jika penumpang duduk di kursi depan. Dia akan memberi tahu agar bicara pelan-pelan. Dengan cara ini, Ivan masih bisa mendengar meski sangat pelan.

Namun, ada juga cara lain jika penumpang duduk di kursi belakang. "Kalau di belakang sentuh pundak saya, kalau belok kiri atau kanan. Atau menggunakan kaca spion (di tengah)," ujarnya lagi.

Foto: Kisah Mitra Grab Tuna Rungu, Dipuji Hingga Dibully

Ivan adalah salah satu driver tuli yang sudah bergabung dengan Grab selama 11 bulan. Selain menjadi driver Grab, Ivan dikenal juga sebagai fotografer, Videografer, dan juga salah satu anggota organisasi kepemudaan, gerakan untuk kesejahteraan tunarungu indonesia (GERKATIN) Jawa Barat.

"Saya wakil sekretaris, juga sebagai guru peserta dengar di Bandung," katanya.

Ivan mengaku sehari bisa menyelesaikan 18 trip. Saat ini Trip-nya bahkan sudah bertambah hingga 19 setiap hari. Ivan mengaku menikmati pekerjaannya.




Dirinya berpesan untuk teman-teman tuli semoga ini bisa menjadi motivasi. Menurutnya, orang-orang seperti dirinya harus bisa menunjukkan kemampuan. Meski dengan kemampuan dan minat berbeda, setiap orang menurutnya bisa meraih cita-citanya.

"Harus PD, berjuang lagi. Berani. Dan harus berjuang kita bangga sehingga kelak SDM tuli bertambah (kemampuan) banyak yang tampil. Terima kasih," tutupnya.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading