Berhadiah Rp 2,4 M, UNIPIN SEACA 2019 Resmi Dimulai

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
08 November 2019 13:54
Berhadiah Rp 2,4 M, UNIPIN SEACA 2019 Resmi Dimulai Foto: Pembukaan SEACA 2019/ (CNBC Indonesia /Thea Fathanah Arbar)
Jakarta, CNBC Indonesia - Turnamen esports berskala internasional, Southeast Asia Cyber Arena (SEACA) kembali digelar oleh UniPin tahun ini.

Tahun kedua gelaran SEACA diisi sebanyak 464 peserta, terbagi atas 66 tim yang berasal dari 24 kota dan kabupaten di Indonesia, serta beberapa negara di Asia Tenggara.

Mereka akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara pada Grand Final UniPin SEACA 2019 yang akan berlangsung sejak 8-10 November di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta Selatan.


"Tren global esports saat ini mengalami pertumbuhan yang begitu pesat. UniPin yang menjadi pelopor ekosistem esports di Indonesia, melalui platform turnamen yang kami miliki, menjadikan SEACA sebagai sarana untuk mendorong perkembangan esports di sini," ungkap CEO dan Co-founder UniPin, Ashadi Ang dalam pembukaan pertandingan, Jumat (8/11) siang.




UniPin berhasil menjaring sebanya 10.000 tim sebagai talenta bibit esports, dan akan mengorbitkan atlet esports profesional yang berpotensi untuk bertarung mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

Sebagai cabang olahraga baru di Indonesia, UniPin menekankan pentingnya membangun gaya hidup esports yang sehat demi terbentuknya budaya pertandingan yang lebih baik. Sebanyak 464 peserta yang bertanding juga didanai oleh UniPin.

"Mereka tidak mengeluarkan uang sepeserpun. Akomondasi dan allowance kami yang tanggung. Mereka hanya datang hanya bawa skill," imbuh Ashandi.

Turnamen ini sebelumnya diawali dengan babak kualifikasi UIC (UniPin Indomaret Championship) dan UCL (UniPin City League) yang dimulai sejak April 2019 lalu.

Selain di Indonesia, UniPin juga menggelar babak kualifikasi UKK Championship (UniPin KK Mart Championship) di Malaysia dan UniPin SEACA 2019 Philippine Qualifier di Filipina.

Finalis yang berhasil melewati kualifikasi dan akan bersaing di babak Grand Final memperebutkan hadiah total Rp 2,4 miliar yang disiapkan UniPin. Turnamen UniPin SEACA 2019 mempertandingkan 3 jenis game populer, yaitu Free Fire, DOTA 2, serta PUBG (Player's Unknown Battleground) Mobile.

"SEACA akan menjadi gerbang bagi para pemain esports di Indonesia untuk melangkah ke turnamen yang lebih besar di kancah internasional," lanjut Ashandi.

Berdampingan dengan ajang Grand Final UniPin SEACA 2019, digelar juga ekshibisi Southeast Asia Millennials Expo (SEAME). Dalam ekshibisi SEAME, pengunjung bisa menikmati berbagai produk lokal dan internasional, serta tenant kuliner di food festival. Selain itu pengunjung juga bisa ikut berkompetisi turnamen mini game Tekken 7 dan Chess Rush.




Diadakan pula kompetisi SEACA Cosplay Showcase yang mengundang ratusan cosplayer asal Indonesia selama pertandingan berlangsung.

"Ke depannya kami berharap dukungan yang lebih besar dari semua pihak, khususnya kepada Pemerintah maupun pihak swasta agar ekosistem esports di Indonesia makin berkembang, dan tentu bisa mengharumkan nama Tanah Air," tutup Ashadi.


Saksikan Video Kaya Mendadak dari Main Game

[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading