Liputan Khusus

Wow, Hadiah Kompetisi Game Internasional di RI Rp 79 M!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 August 2018 15:10
Wow, Hadiah Kompetisi Game Internasional di RI Rp 79 M!
Jakarta, CNBC Indonesia - Industri eSport atau kompetisi game akhir-akhir ini mungkin bisa dibilang sedang naik daun. Bagaimana tidak, para pengembang game seakan tak mau kalah menggunakan eSport sebagai salah satu sarana menjual lebih banyak produk buatan mereka.

Menangkap fenomena tingginya antusiasme para atlet eSports tanah air dan di berbagai negara Asia Tenggara, maka UniPin eSports dengan cepat memanfaatkan momentum ini dengan mengadakan turnamen eSports berkelas dunia, yaitu South East Asian Cyber Arena (SEACA) dan World Electronic Sport Games (WESG).

[Gambas:Video CNBC]

Acara yang akan diselenggarakan pada 17 Oktober - 21 Oktober 2018 bertempat di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat ini dibuat untuk membangun dan mewujudkan mimpi para atlet electronic sports (eSports) nasional, maupun international yang berkomitmen tinggi untuk mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet online profesional.


"Setelah saya dan tim melakukan perjalanan ekspansi bisnis UniPin ke negara-negara kawasan Asia Tenggara, kami melihat dan menemukan peluang baru pada industri eSports," ujar Ashadi Ang, CEO & Co UniPin, kepada CNBC Indonesia di kawasan Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

"Setiap negara mempunyai potensi eSports yang luar biasa dan kami menangkap potensi dan antusiasme ini sebagai sebuah visi baru untuk membangun komunitas eSports terbesar yang bisa menginspirasi seluruh atlet esports diberbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia," tambahnya.


Mengutip Forbes.com, dia menuturkam bahwa valuasi industri eSports saat ini telah mencapai US$500 juta di tahun 2017 dengan angka pertumbuhan setiap tahunnya sebesar 40%, dan diprediksi pada tahun 2021 akan mencapai US$1,7 miliar.

"Industri eSport berkembang dan bergejolak di Indonesia. Peningkatkannya 40% dengan demografi kisaran 10- 40 tahun, didominasi milenial," kata dia.

Sementara itu, acara South East Asian Cyber Arena (SEACA) ini adalah kompetisi eSports internasional pertama yang diselenggarakan oleh UniPin eSports dan memperebutkan total hadiah senilai US$100 ribu (Rp 1,4 miliar) dan mempertandingkan kompetisi Mobile Legends, Bang Bang, Arena of Valor, PlayerUnknown's Battlegrounds, Point Blank, dan DOTA2.

Kemudian turnamen World Electronic Sport Games (WESG), akan mempertandingkan StarCraft II, Hearthstone, Counter-Strike: Global Offensive, Vainglory, dan DOTA 2 dan akan dilaksanakan kualifikasi online dan puncak pertandingan final nasional WESG pada 17 Oktober - 18 Oktober 2018 di Jakarta dengan hadiah US$5,5 juta (Rp 79 miliar).

"Kami melihat jauh ke depan, bahwa industri eSports mampu menumbuhkan budaya positif yang perlu kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Besarnya valuasi industri eSports juga menjadi sebuah motivasi bagi UniPin eSports bergerak cepat untuk mengembangkan industri eSports ditanah air dan internasional," kata Ashadi. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading