Biaya Transfer OVO, GoPay & DANA Vs Bank, Mana Lebih Murah?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
07 November 2019 11:41
Biaya Transfer OVO, GoPay & DANA Vs Bank, Mana Lebih Murah? Foto: REUTERS/Beawiharta
Jakarta, CNBC IndonesiaDompet digital mulai mengurangi kerugian yang ditanggung karena kebijakan bakar uang melalui cashback dan diskon. Cara yang ditempuh adalah mengenakan biaya transfer ke bank.

Bila sebelumnya dompet digital menggratiskan layanan ini. Kini biaya transfer dikenakan biaya. Terbaru adalah OVO yang mengenakan biaya pemindahan saldo OVO ke bank sebesar Rp 2.500. Kebijakan ini berlaku mulai 12 Desember 2019.


GoPay milik Gojek sudah lebih dulu mengenakan biaya transfer ke bank. Kebijakan ini berlaku sejak tahun lalu. Saat ini transfer saldo GoPay ke rekening bank dikenakan biaya Rp 2.500.


LinkAja masih menggratiskan biaya transfer jika dilakukan ke Bank BUMN. Yakni Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Namun bila transfer ke bank swasta akan dikenakan biaya Rp 6.500. Adapun Dompet digital DANA belum mengenakan biaya transfer ke bank.

Lalu bagaimana dengan perbankan? Rata-rata bank di Indonesia tidak mengenakan biaya transfer dalam satu bank. Namun transfer antar bank dikenakan biaya Rp 6.500. Untuk sesama bank BUMN biayanya Rp 3.500 per transaksi.

Informasi saja, Bank Indonesia membolehkan penerbit uang elektronik untuk menarik biaya top up (isu ulang saldo). Untuk top up melalui kanal penerbit (on us) maksimal Rp 750 dan top up melalui kanal penerbit berbeda atau mitra atau pihak ketiga (off us) maksimal Rp 1.500.

Biaya ini bisa dikenakan biaya pengguna melakukan top up saldo di atas Rp 200.000. Namun bank dan penerbit uang elektronik non bank belum menarik biaya ini.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading