Pak Johnny Plate, Kapan RI Siap Dengan Teknologi Internet 5G?

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
28 October 2019 18:58
Akses internet kecepatan tinggi 4G umumnya hanya ada di kota-kota besar. Kapan Indonesia akan siap dengan internet super cepat 5G?
Jakarta, CNBC Indonesia - Jaringan kecepatan internet di Indonesia saat ini baru sampai 4G. Itu pun belum merata di semua wilayah. Akses internet kecepatan tinggi 4G umumnya hanya ada di kota-kota besar. Kapan Indonesia akan siap dengan internet super cepat 5G?

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengaku tidak optimistis teknologi ini akan hadir dalam waktu dekat. Alasannya, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang lebih dulu harus dikerjakan dibanding membangun internet berkecepatan 5G.

Salah satunya, memberikan akses ke seluruh wilayah Indonesia. Termasuk meratakan kecepatan internet di berbagai daerah yang sudah terpasang jaringan internet. 



"Ambisi kita di atas langit. Ya mau kita 5G. Tapi ada tahapannya. Wilayah kita masih ada yang 2G 3G, harus diselesaikan dengan baik dulu," katanya saat konferensi pers Kemkominfo di Kabinet Indonesia Maju yang berlangsung di kantor Kemenkominfo Jl Merdeka Barat, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Untuk membangun itu, saat ini Indonesia sudah memiliki Palapa Ring. Yakni jaringan serat optik yang membentang hingga ujung timur Papua. Namun, pekerjaan rumah belum selesai. Masih banyak yang perlu dilakukan, diantaranya kerjasama dengan pihak operator. 

Di sisi lain, Johnny juga menyebut perlu membuat ekosistem terlebih dahulu sebelum lebih jauh ke 5G. "Perlu disiapkan untuk dirilis, khususnya spektrum frekuensinya. Ini bukan infrastructur one step tapi kerkelanjutan. 4G jadi Landasan menuju 5G. Core network 4G akan dimanfaatkan untuk 5G. Kita enggak buru juga enggak terlambat, on time saja," sebutnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading