HP Huawei Tanpa Gmail Cs ini Bakal Masuk RI, Ada yang Mau?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
28 October 2019 17:55
Huawei Mate 30 Pro merupakan salah satu ponsel paling kontroversial. Ponsel ini diluncurkan tanpa aplikasi bawaan Google seperti Play Store, Gmail dan YouTube.
Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Mate 30 Pro merupakan salah satu ponsel paling kontroversial tahun ini. Pasalnya, ponsel ini diluncurkan tanpa aplikasi bawaan Google seperti Play Store, Gmail dan YouTube.

Nah, ponsel ini rencananya bakal masuk ke Indonesia. Kepastian ini dikonfirmasi langsung oleh Huawei Indonesia. Huawei mengaku tak sabar untuk menghadirkan ponsel ini di Indonesia


"Kehadiran Mate 30 Series dengan segala keunggulan teknologi kamera yang sudah diakui oleh berbagai pihak tentunya akan semakin meramaikan pasar smartphone Indonesia," kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director, Huawei Consumer Business Group Indonesia, seperti dilansir dari detikINET, Senin (28/10/2019).


"Kami sendiri tidak sabar memberikan kesempatan kepada konsumen di Indonesia untuk merasakan kembali kecanggihan produk smartphone flagship kami melalui Mate 30 Series," tambahnya.

HP Huawei Tanpa Gmail Cs ini Bakal Masuk RI, Ada yang Mau?Foto: Smartphone Mate 30 Pro Keluaran Huawei (Twitter @evleaks)

Sayangnya dalam keterangan tersebut Huawei belum menyebut kapan ponsel jagoannya itu bakal diluncurkan di Indonesia.

Huawei Mate 30 Pro tidak bisa menggunakan aplikasi bawaan Google karena raksasa teknologi China ini dimasukkan dalam daftar hitam (blacklist) oleh Amerika Serikat (AS). Untuk berbisnis dengan perusahaan AS butuh lisensi khusus.


Sebelumnya, untuk download aplikasi bawaan Google ditemukan situs khusus. Dengan aplikasi ini pengguna Huawei Mate 30 Pro bisa menginstall aplikasi Google bawaan. Namun situs ini ditutup oleh Google sehingga tak ada lagi cara mendapatkan aplikasi bawaan Google.

Kini Huawei Mate 30 Pro mengandalkan operating system (OS) Hongmeng buatan sendiri. Di Eropa OS ini bernama HarmonyOS.




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading