Pak Nadiem, 7 Profesi Ini Paling Potensial di Masa Depan

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
25 October 2019 15:43
Mendikbud Nadiem Makarim dituntut bisa menciptakan sistem pendidikan yang mampu menyiapkan anak muda memasuki dunia kerja di masa depan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Nadiem Makarim memiliki tugas berat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ia dituntut bisa menciptakan sistem pendidikan yang mampu menyiapkan anak muda memasuki dunia kerja di masa depan.

Tugas berat tersebut tergambar dari alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Nadiem Makarim sebagai Mendikbud. Jokowi mengatakan Indonesia perlu orang yang mengerti betul mengenai pengelolaan dan penggunaan internet of things (IoT), artificial Intelligence hingga big data.


"Big data ini penting untuk masa depan. Ini kenapa pilih Mas Nadiem Makarim," jelas Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/10/2019).


"Perlu orang yang mengerti bagaimana mengimplementasikan inovasi-inovasi yang ada. Berani keluar dari kotak, berani out of the box, berani tidak rutinitas, berani tidak monoton sehingga akan memunculkan sebuah loncatan-loncatan besar yang itu saya melihat pengalaman dari yang muda-muda bisa mendukung itu."

Pak Nadiem, 7 Profesi Ini Paling Pontesial di Masa DepanFoto: Infografis/ 7 Pekerjaan Ini Bakal Digantikan Robot/Aristya Rahadian krisabella

Melansir USNews.com dan situs the balance careers, berikut adalah deretan pekerjaan paling potensial di masa depan di bidang teknologi.

1] Software Developer

Software developer bertugas untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi hingga mengecek serta mengantisipasi bug dalam aplikasi. Untuk menjadi seorang Software Developer dibutuhkan orang yang kreatif, memilki keahlian teknis guna melaksanakan ide-ide kreatif.

2] Computer System Analyst

Profesi ini menggabungkan pengetahuan tentang teknologi informasi (IT) dan bisnis. Mereka harus mampu memahami bisnis klien dan membuat hardware dan software yang membuat perusahaan klien lebih efektif dan efisien.


3] Web Developer

Profesi ini bertanggung jawab untuk membuat situs web. Mulai dari desain, menulis kode dengan bahasa pemrograman hingga tampilan website. Profesi ini butuh pengetahuan tentang program software, aplikasi web, bahasa pemrograman serta desain.

4] Information Security Analyst

Profesi ini bertugas untuk menjaga keamanan sistem informasi. Mereka apa para penjaga pintu gerbang sistem informasi yang ada perangkat yang digunakan dari serangan siber. Mereka akan memantau, menjaga dan mencegah terjadi pelanggaran dan pencurian data dari serangan siber.


5] Computer Network Arichitect

Profesi ini mendesain, membangun dan mengelola berbagai jaringan komunikasi data mulai dari infrastruktur cloud hingga internet. Ketika perusahaan dan perusahaan memperluas jaringan TI, mereka akan semakin bergantung pada para profesional ini untuk membangun jaringan baru dan meningkatkan yang sudah ada. Popularitas cloud computing mendorong kebutuhan akan profesi ini meningkat.

6] Computer Programmer


Mereka yang menjalankan profesi ini harus menulis code yang memungkinkan program softwaew berjalan. Mereka memberi tahu komputer tentang apa yang harus dilakukan. Profesi ini harus menguasai bahasa pemrograma seperti Python.

7] Menejer IT

Menejer IT bertugas untuk membantu perusahaan untuk menyesuaikan teknologi dengan kebutuhan perusahaan. Mereka mengkoordinasikan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi mulai dari software, hardware dan memastikan sistem komputer perusahaan dan jaringan kantor bebas dari peretasan dan malware.



Artikel Selanjutnya

Pak Jokowi Mau Beri Mas Nadiem Makarim Wakil Menteri Nih?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading