Menkominfo Johnny Plate Ingin RI Punya Hectocorn, Yakin Pak?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
24 October 2019 11:40
Menkominfo Johnny Plate Ingin RI Punya Hectocorn, Yakin Pak?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate punya ambisi agar Indonesia memiliki startup hectocorn dalam beberapa tahun tahun ke depan.

Hal ini disampaikan ketika serah terima jabatan dengan Rudiantara di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rabu (23/10/2019).


"Indonesia harus mampu menghasilkan lebih banyak unicorn - decacorn. Kalau bisa kita punya startup yang punya skala US$100 miliar (hectocorn)," ujarnya.


Lalu apa itu hectocorn? Hectocorn merupakan julukan bagi startup yang memiliki valuasi US$100 miliar. Untuk mewujudkan rencana ini Indonesia harus memerger 10 perusahaan sebesar Gojek. Saat ini valuasi Gojek sebesar US$10 miliar atau menyandang status decacorn.

Asal tahu saja, belum ada startup hectacorn di dunia. Awalnya, Uber yang digadang-gadang untuk menjadi hectocorn. Sebelum IPO Valuasinya sudah menyentuh US$80 miliar. Namun setelah IPO harga sahamnya anjlok dan buat valuasinya turun.

Harga saham Uber anjlok karena pemegang saham kecewa dengan kinerja keuangan Uber yang berdarah-darah. Bahkan pada laporan keuangan yang berakhir Juni 2019, Uber mencatatkan rugi US$5,24 miliar.

Mengutip laporan CB Insights, startup dengan valuasi tertinggi di dunia saat ini adalah Bytedance (induk TikTok) dengan valuasi US$75 miliar. Selanjutnya Didi Chuxing (ride hailing China) US$56 miliar dan JUUL Labs (produsen rokok elektrik AS) bervaluasi US$50 miliar.

Simak video rencana Johnny Plate sebagai Menteri Kominfo di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]



(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading