Jadi Mendikbud, Nadiem Makarim Jadi Menteri Termuda RI

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 October 2019 11:18
Jadi Mendikbud, Nadiem Makarim Jadi Menteri Termuda RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Nadiem Makarim resmi menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) dalam kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Ia akan menggantikan Muhadjir Effendy yang ditunjuk sebagai menteri koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan.

Pelantikan Nadiem Makarim menjadi Mendikbud diselenggarakan hari ini (23/10/2019) di Istana Negara. Ia akan mengurusi bidang pendidikan sekolah dasar (SD) hingga Sekelah Menegah Atas (SMA).


Nadiem pun menjadi menteri termuda dalam kabinet Indonesia Maju 2019-2024 dan jadi menteri termuda dalam kabinet sejak reformasi 1998. Saat ini usianya baru menginjak 35 tahun.


Sebelum menjadi Mendikbud, Nadiem merupakan salah satu pendiri Gojek. Startup ride hailing ini dibangun hampir satu dekade lalu oleh Nadiem dan rekannya, kini telah menjadi Decacorn (startup yang memiliki valuasi di atas US$ 10 miliar).

Nadiem dan rekannya berhasil menggalang dana dari investor kakap. Tersebut nama Tencent Holdings, KKR, Nothstar Group, Google hingga Mitsubishi Group dalam jajaran investor Gojek.

Berdasarkan laporan Globe Asia pada 2018, Nadiem masuk dalam 150 daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya ditaksir mencapai US$100 juta atau setara Rp 1,4 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000) yang didapatnya dari Gojek.


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading