'Presiden Jokowi Gila Gadget, Passion Ikuti Teknologi'

Tech - Muhammad Choirul, CNBC Indonesia
17 October 2019 11:22
'Presiden Jokowi Gila Gadget, Passion Ikuti Teknologi'
Jakarta, CNBC Indonesia - Harus diakui Indonesia masuk dalam stagnasi ekonomi. Walaupun masih positif, namun ekonomi Indonesia tak jauh dari 5% pertumbuhannya.

Kepala BKPM Thomas Lembong mengungkapkan pada periode pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) ada dua sektor yang menyelamatkan investasi langsung. Hal ini membuat ekonomi terjaga dan positif.

"Pertama sektor pengolahan industri smelter dan kedua sektor e-commerce dan ekonomi digital," kata Lembong di BSD, Kamis (17/10/2019).


Menurut Lembong, arus modal masuk dari sisi e-commerce cukup deras. Dan ia menyebutnya sebagai fenomena tersendiri.

"Ini fenomena yang cukup mendadak, hanya dalam 3-4 tahun terakhir FDI ke unicorn, startup meloncat dari sebelumnya hampir tak ada."

"Sekarang 15-20% dari total FDI kita setiap tahun. Dan Indonesia sudah jadi tuan rumah yang unicorn melebihi jumlah unicorn di Eropa," paparnya.

Menurut Lembong, Presiden Jokowi sendiri terus mengikuti dan mendorong ekonomi digital. Ia bercerita dalam beberapa kesempatan, Jokowi menceritakan soal perkembangan teknologi.

"Presiden Jokowi sendiri gila gadget, passion mengikuti teknologi. Kita pernah nonton sambutan beliau mengenai Tesla, Space X, tentu kabinet mengikuti sehingga Indonesia menikmati sebuah suasana politik, kebijakan yang sangat pro teknologi," kata Lembong.




(dru/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading