Jokowi Bicara 5G: Kita Jangan Hanya Jadi Pengguna Saja

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 May 2021 11:20
Jokowi dalam acara musyawarah perencanaan pembangunan nasional 2021. (Tangkapan layar Bappenas RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan catatan penting bagi perkembangan teknologi yang pesat. Ia meminta Indonesia harus menjadi bagian produsen teknologi itu sendiri.

"Kita harus memperoleh manfaat maksimal dari perkembangan teknologi dan dalam perkembangan teknologi yang sangat cepat apalagi nanti akan dimulainya konektivitas digital 5G, hati-hati kita jangan hanya menjadi pengguna," ujarnya ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

"Kita jangan hanya menjadi smart digital user. Kita harus mampu mencetak smart digital specialist, menciptakan para teknolog yang handal, bersaing, dan kompetitif serta kembangkan smart digital preneur yang mengembangkan kewirausahaan dan membuka lapangan kerja."


Jokowi mengungkapkan hampir semua perusahaan saat ini adalah perusahaan teknologi. Sebab dari situlah nilai tambah tercipta. Perusahaan sangat tergantung pada kecanggihan inovasi dan teknologinya.

"Di sektor keuangan misalnya sekarang sudah marak bermunculan yang namanya fintech yang mampu mengoperasikan bisnis sangat efisien, dan industri keuangan sudah mulai bergeser menjadi perusahaan yang handal di teknologi dan inovasi. Hati-hati mengenai hal ini," jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung soal teknologi di bidang kesehatan atau health tech. Di mana pemeriksaan dilakukan jarak jauh dan akan maraknya pemanfaatan artificial intelligence atau kecerdasan buatan di sektor ini.

"Ini perkembangan cepat yang perencanaannya harus diantisipasi semua. Harus responsif terhadap disrupsi yang membuat dunia berubah sangat cepat. Harus responsif terhadap tantangan dan peluang yang muncul dengan cepat yang sering kita tidak duga. Harus responsif pada perkembangan ilmu pengetahuan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading