Palapa Ring Meluncur, Ini Wanti-Wanti Jokowi di Era Digital

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 October 2019 13:14
Palapa Ring Meluncur, Ini Wanti-Wanti Jokowi di Era Digital
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan jajarannya mengingatkan betapa bahayanya perkembangan teknologi digital yang semakin berkembang dalam beberapa tahun ke belakang.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi di sela-sela peresmian pengoperasian Palapa Ring atau tol langit di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/10/2019).


"Hati hati, perilaku kita bisa ketahuan, perilaku satu kabupaten, satu provinsi, satu negara bisa ketahuan dari sini," kata Jokowi.


Melalui teknologi digital, kata Jokowi, semua hal bisa diketahui dengan mudah. Termasuk dengan perilaku maupun kebiasaan seluruh masyarakat Indonesia.

"Riset selera konsumen keliatan, senengnnya apa. Orang Indonesia senengnya apa? Kalau makan sukanya makan apa? Ngerti semua dari sini," jelasnya.

Jokowi lantas meminta jajarannya berhati-hati dalam menyikapi persoalan ini. Pasalnya, kehadiran teknologi digital bisa dimanfaatkan negara lain untuk mengintip seberapa besar peluang bisnis di Indonesia.

"Jangan sampai data kita, selera konsumen, selera pasar diketahui oleh negara lain, sehingga mereka bisa merecoki kita dengan produk-produk sesuai selera yang kita inginkan. hati hati," tegasnya.

"Pemerintah pun bisa memanfaatkan big data ini, untuk telaah kebijakan. Sebagai contoh, adanya aplikasi yang bisa membantu pemerintah menjajaki kebijakan dan menghitung resiko resikonya," katanya.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading