Jokowi: Ada Big Data, Awas Perilaku Kita Bisa Ketahuan

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 October 2019 11:04
Jokowi: Ada Big Data, Awas Perilaku Kita Bisa Ketahuan
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama jajaran menteri Kabinet Kerja pada hari ini Senin (14/10/2019) meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Palapa Ring sering disebut sebagai tol langit.

Dalam pidato peresmian proyek Palapa Ring, Jokowi menegaskan bahwa dunia telah berubah dari era analog ke era digital. Teknologi digital, kini dianggap sudah menembus batasan jarak dan waktu.


"Semua bisa dilakukan cepat tanpa kendala jarak dan waktu," kata Jokowi.


Jokowi lantas menjelaskan bagaimana kehadiran teknologi digital bisa mempermudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya seperti penggunaan big data analytic dalam riset untuk mengeluarkan suatu kebijakan.

"Manfaatnya bermacam-macam. Perilaku manusia, bisa diambil dari sini. Hati-hati perilaku kita bisa ketahuan. Perilaku satu kabupaten, provinsi, atau negara bisa ketahuan dari sini, bisa dilakukan dengan mudah," katanya.

Pakai Big Data, Hati-hati Perilaku Kita Bisa KetahuanFoto: infografis/"Satria" satelit Internet tercepat ke 4 di dunia/

"Riset pasar, Papua, Maluku, Kalimantan, Jawa, senengnya apa tahu dari sini. Sehingga gampang. Selera konsumen jadi kelihatan. Orang Indonesia senengnya apa, makan sukanya apa, ngerti semua dari sini. Sehingga semua jadi akurat," jelasnya.

Sebagai informasi, proyek Palapa Ring dibagi tiga yakni Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur. Adapun ketiganya sudah berhasil dirampungkan oleh pemerintah.

Palapa Ring Barat telah diselesaikan pada tahun lalu, Palapa Ring Tengah telah diselesaikan awal tahun ini, sementara Palapa Ring Timur dirampungkan pada Agustus 2019.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading