Rudiantara Klaim 18 Perusahaan Siap Gunakan Tol Langit Jokowi

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
13 October 2019 19:18
Rudiantara Klaim 18 Perusahaan Siap Gunakan Tol Langit Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan sudah ada 18 perusahaan yang menyampaikan berminat dan siap untuk menggunakan jaringan infrastruktur Palapa Ring. Pasalnya, pengerjaan infrastruktur Palapa Ring Barat, Tengah dan Palapa Ring Timur sudah selesai dilakukan.

Rencananya, besok pemerintah akan meluncurkan Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta. Palapa Ring diklaim sebagai jaringan tulang punggung telekomunikasi nasional yang akan menjangkau 34 provinsi dan 440 kota dan kabupaten di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membenarkan informasi tersebut. Berdasarkan undangan yang disampaikan Kementerian Sekretariat Negara, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Palapa Ring.


"Saya dapat undangan peresmian Palapa Ring oleh Presiden, [besok] 14 Oktober di Istana Negara," kata Chief RA, sapaan akrabnya kepada awak media pada acara Kick Off Piala Presiden E-Sports 2020 di Tennis Indoor Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (13/10/2019).

Chief RA menjelaskan, setidaknya sudah ada 18 perusahaan yang berminat mengajukan penggunaan jaringan Palapa Ring. Sebanyak dua perusahaan di antaranya, yaitu PT Telekomunikasi Indoenesia Tbk (TLKM) dan Primacom, sedang melakukan uji coba jaringan.

"18 perusahaan sudah menyampaikan permintaan, ada dari operator seluler, penyelenggara jasa internet," ujarnya.



Sebelumnya, Palapa Ring yang kerap disebut dengan sebutan Tol Langit rencananya akan diresmikan oleh Presiden, Jumat (11/10/2019). Namun, peresmian pengoperasiannya ditunda karena satu dan lain hal.

Sekadar gambaran, proyek Palapa Ring diyakini akan menekan biaya pembangunan dan operasional jaringan sehingga lebih efisien. Selain itu, dengan adanya Palapa Ring, harga layanan data selular di seluruh wilayah Indonesia lebih merata atau satu harga.

Sebagai contoh, mengingat sulitnya akses internet di terluar, terdepan, biaya internet sangat mahal dibandingkan Jakarta karena akses infrastruktur jaringan yang masih terbatas.

Palapa Ring terbagi menjadi tiga paket. Pertama, Palapa Ring Barat, dengan panjang serat optik mencapai 2.275 kilometer mampu menjangkau Provinsi Riau dan Kepulauan Riau hingga Pulau Natuna.

Untuk Palapa Ring Tengah, menghubungkan 27 kota dan kabupaten di Sulawesi Utara, Tenggara, Tengah Maluku Utara hingga Kalimantan Timur dengan panjang kabel serat optik 2.995 kilometer.

Adapun, Palapa Ring Timur yang baru rampung pengerjaannya Agustus 2019, memiliki panjang serat optik 8.450 kilometer mampu menjangkau 35 kota dan kabupaten di NTT, Maluku, Papua dan Papua Barat.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading