Senjata Rahasia Beujek Lawan Grab & Gojek, Bakar Uang?

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
09 October 2019 13:48
Senjata Rahasia Beujek Lawan Grab & Gojek, Bakar Uang? Foto: Beu Jek (Dok. Beu Jek)
Jakarta, CNBC Indonesia - Beujek jadi penantang baru Grab dan Gojek di bisnis ojek online dan transportasi online. Aplikasi ini resmi diluncurkan pekan lalu dan akan mulai beroperasi minggu depan.

Direktur Keuangan Beujek Suhaeimi mengatakan kehadiran Beujek bukan untuk bersaing dengan ojek online yang sudah ada tetapi memberikan tambahan pilihan bagi driver dan penumpang.


Beujek mengusung keunikan dalam sistem keanggotaannya. Beujek mengadopsi sistem koperasi karena pemilik aplikasi ini adalah Koperasi BeU Abadi Nusantara. Jadi semua driver Beujek wajib menjadi anggota koperasi.


"Hal yang perlu diperhatikan, semua driver kita dibackup asuransi, penumpang juga diasuransikan," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Selasa (8/10/2019).

Senjata Rahasia Beujek Lawan Grab & Gojek, Bakar Uang?Foto: Daftar Tarif Ojek Online

Keunikan lain adalah sistem potongan yang dikenakan kepada driver. Bila Gojek dan Grab mengenakan potongan 20% dari biaya ojek maka Beujek memotong langsung Rp 30 ribu per hari selama 25 hari per bulan.

"Berdasarkan riset kami, pendapatan ojek online per hari antara Rp 200-500 ribu per hari jadi kami pungut biaya Rp 30 ribu per hari. Untuk kota kecil biayanya lebih murah Rp 15 ribu per hari," jelas Suhaemi. "Soal tarif, kita mengikuti tarif yang dibuat oleh Kementerian Perhubungan."


Selain itu, driver Beujek nantinya akan mendapatkan beras 5 Kg, 1 Kg gula dan oli 1 liter per bulan. Pembagian ini diberikan selama mereka masih jadi anggota Beujek.

Beujek mengklaim sekarang sudah ada 2.000 driver yang terdaftar dan seluruh Indonesia akan ada lebih dari 27.000 mitra driver.


"Kami tidak akan bakar uang. Prinsipnya dari kita untuk kita karena kita koperasi. Kita gak langsung ke perusahaan, kita pure koperasi," terang Suhaemi yang juga menjabat sebagai Bendara Umum Koperasi BeU Abadi Nusantara.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading