JK Sebut Gojek dan Grab Koperasi Terbesar di RI, Setuju?

Tech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
13 September 2019 13:07
JK Sebut Gojek dan Grab Koperasi Terbesar di RI, Setuju? Foto: Jusuf Kalla (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul)
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyebut bahwa Gojek dan Grab merupakan koperasi terbesar di RI. Hal tersebut disampaikan di sela pembukaan Indotrans Ekspo 2019.

Pernyataan tersebut dikemukakan ketika memberi penjelasan bahwa transportasi di Indonesia paling lengkap.


"Sistem transportasi Indonesia paling lengkap mulai perhubungan darat, laut dan udara. Tidak semua negeri mempunyai sistem seperti itu," kata JK di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (13/9/2019).


Karena itu, banyak kompleksitas masalah yang perlu ditangani dengan peran bersama.

JK Sebut Gojek dan Grab Koperasi Terbesar di RI, Setuju?Foto: Jusuf Kalla (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul)

"Semua peran ada, apakah swasta, peran BUMN, peran koperasi. Orang bertanya apa peran koperasi, saya bilang koperasi yang terbesar di Indonesia ada di Transportasi, yaitu Gojek, Grab," ungkap JK.

Dia lantas mengelaborasi maksud ucapannya. Dia bilang, Grab dan Gojek menerapkan sistem koperasi karena dibangun dengan kebersamaan.


"Itu sistem koperasi sebenarnya, karena orang bersatu bukan bawa modal. Dia bawa dirinya dan bawa kemampuannya sehingga dia bawa sistem transportasi berdasarkan kebersamaan," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa ajang ini merupakan rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional. Dia bilang, Kementerian Perhubungan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM transportasi.


"Salah satu peningkatan kualitas SDM ini yaitu perubahan mindset dan capability menghadapi era digital 4.0. Di sisi lain, Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019 ini juga sebagai apresiasi atas partisipasi dan dukungan masyarakat Indonesia sebagai wujud nyata pengabdian para Insan Perhubungan dalam membangun transportasi lebih baik," untainya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading