Bukalapak PHK Ratusan Karyawan, Siapa Raja e-Commerce RI?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 September 2019 13:56
Foto: infografis/infografis Persaingan Toko Online di Indonesia/Aristya Rahadian Krisabella
Jakarta, CNBC Indonesia - Bukalapak, salah satu e-commerce tanah air, memutuskan melakukan restrukturisasi organisasi melalui pemutusan hubunga kerja (PHK) karyawan guna menjamin visi perusahaan berkelanjutan.

Lalu bagaimana peta persaingan e-commerce di tanah air? Menurut iPrice, Tokopedia merupakan e-commerce yang paling banyak dikunjungi. Predikat ini direbut Tokopedia dari Lazada pada kuartal II-2018.

Pada kuartal II-2019, jumlah pengunjung situs Tokopedia mencapai 140,41 juta per bulannya. Peringkat kedua ada Shopee dengan jumlah pengunjung situs mencapai 90,71 juta per bulan.


Urutan ketiga ada Bukalapak dengan total pengunjung situs mencapai 89,77 juta per bulan. Bukalapak pernah menduduki posisi kedua sebagai situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi namun kemudian digeser Shopee.

Peringkat keempat ada Lazada milik Alibaba. Pengunjung situsnya mencapai 49,62 juta per bulan. Peringkat kelima ada Blibli dari Grup Djarum dengan rata-rata pengunjung situs 38,45 juta.

Pada kuartal II-2019, jumlah karyawan Tokopedia mencapai 3.144 karyawan. Kemudian diikuti oleh Shopee sebesar 3.017 karyawan, Mapemall 2.933 karyawan dan Bukalapak 2.933 karyawan.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>>



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading