Perang E-Commerce Shopee, Tokopedia & Lazada, Siapa Juaranya?

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
05 June 2022 13:40
(Ilustrasi : Freepik.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bukan menjadi rahasia umum bahwa transformasi digital 4.0 menjadi sebuah ajang tersendiri bagi para e-commerce untuk menunjukkan kualitas terbaik mereka.

Apalagi pada Ramadhan kemarin, para e-commerce berlomba menghadirkan ragam inovasi, fitur menarik, hingga promo terbaik.

Untuk melihat persaingan tersebut, Snapcart melakukan riset konsumen dalam berbelanja online selama 3 bulan terakhir. Riset dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1.000 responden dari usia 20-35 tahun di berbagai wilayah di Indonesia.


Riset tersebut menunjukkan bahwa 77% konsumen di Indonesia mengaku Shopee merupakan merek yang paling diingat. Tokopedia mengikuti di urutan kedua dengan angka 18% dan Lazada 4%.

Adapun Shopee berada di urutan pertama karena menurut riset tersebut, Shopee menjadi e-commerce yang paling aktif dalam memperkuat posisinya melalui berbagai program, seperti iklan, acara TV, livestream, video, promo, dan kolaborasi lainnya.

Dari survei tersebut, terdapat tiga program yang paling diminati oleh responden. Pertama, Shopee Big Ramadan Sale menjadi favorit 88% konsumen. Kedua, Tokopedia Ramadan Ekstra sebanyak 41%, dan ketiga yakni Lazada Ramadan Festival sebanyak 19%.

Alasan lain mengapa Shopee menjadi favorit konsumen karena sebanyak 74% responden mengaku mengetahui program Shopee-Gratis Ongkir Rp 0 Semua Toko. Kemudian 48% responden mengetahui program Shopee-Cashback 50% 5 Waktu, dan 61% mengetahui program Shopee Serba Seribu.

Sedangkan program dari Tokopedia-Cashback Sebar Kumpul Untung Ramadan Ekstra diketahui oleh 26% responden, Tokopedia-Flash Sale Ramadan Ekstra Diskon Kilat 38% , Lazada-Gratis Ongkir Ramadan Festival 19% , dan Lazada-Diskon Langsung Ramadan Festival 15%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Shopee-Bukalapak-Tokopedia Masuk Notorious Market, Apa Itu?


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading