Viral! Benarkah Instagram Mampu Sadap Pembicaran Anda?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
09 September 2019 16:44
Viral! Benarkah Instagram Mampu Sadap Pembicaran Anda?
Jakarta, CNBC Indonesia - Warganet (netizen) tanah air lagi heboh membahas apakah Instagram, aplikasi berbagi foto milik Facebook mampu menyadap pembicaraan penggunanya ketika aplikasi ini dibuka.

Hal ini jadi ramai karena ada seorang YouTuber yang membuka aplikasi Instagram dan membicarakan soal Spotify. Setelah selesai dan membicarakan Spotify, Ia menutup Instagram dan kemudian mengunjungi Instagram 15-20 menit kemudian. Ketika melakukan scroll Instagram, ia menemukan iklan Spotify di timeline Instagram.

Namun wacana Instagram menguping atau menyadap pembicaraan pengguna untuk menargetkan iklan dibantah oleh Head of Instagram Adam Mosseri. Menurutnya Instagram tidak pernah menyadap pembicaraan pengguna.


Menurut Adam Mosseri ada dua kemungkinan hal tersebut bisa terjadi. Pertama, keberuntungan. Artinya kebetulan saja ketika pengguna sedang membicarakan sesuatu, iklan mengenai hal tersebut muncul di timeline.


Kedua, top of mind. Pengguna baru saja berinteraksi di Instagram dengan sebuah konten yang memang sebelumnya pernah dicari media sosial tersebut. Otomatis artificial intelligence Instagram akan menghadarikan kembali iklan tentang hal tersebut.

"Top of mind itu di alam bawah sadar dan kemudian meluap nanti. Saya pikir hal semacam ini sering terjadi dengan cara yang sangat halus," ujar Adam Mosseri, kepada CBS dan dilansir dari CNBC International, Senin (9/9/2019).

Adam Mosseri menekankan Instagram tidak menyadap atau menguping pembicaraan penggunanya melalui mikrofon perangkat.

"Tapi kami tidak melihat pesan Anda, kami tidak mendengarkan [percakapan] di mikrofon Anda, melakukan hal itu sangat bermasalah karena banyak alasan yang berbeda. Tapi Saya tahu kamu tidak akan benar-benar percaya padaku," tutup Adam Mosseri.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading