Instagram Mata-matai Percakapan di WhatsApp?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 December 2019 14:06
Instagram Mata-matai Percakapan di WhatsApp?
Jakarta, CNBC Indonesia - Belakang pengguna media sosial di Indonesia sedang ramai membicarakan soal Instagram. Pengguna menduga media sosial berbagi foto ini memata-matai percakapan di WhatsApp.

Penyebabnya, pengguna WhatsApp menemukan iklan yang berkaitan dengan apa yang mereka bicarakan di WhatsApp.

Kejadian ini dialami Uci Budiarti. Wanita 32 tahun ini mencerita ketika itu dia sedang chatting dengan teman di WhatsApp soal ikut kelas Yoga tak berapa lama ketika buka Instagram muncul iklan kelas Yoga.


"Saya engga browsing [kelas Yoga] di Chrome. Teman gw cuma nanya doang, di Instagram muncul iklan Yoga," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (18/12/2019).


Hal yang sama juga dirasakan Raden Purnomo. Pegawai swasta ini juga mendapati iklan mengenai pembicaraannya di WhatsApp bersama teman.

"Saya ngobrol dengan teman soal tempat makan yang enak, pas buka instagram muncul iklan restoran," ungkapnya.

Karena penasaran dia kemudian mencoba kembali ngobrol dengan temannya. Kali ini ngobrol tiket pesawat ke Bali karena ingin pelesiran di Bali.

"Ketika buka Instagram muncul iklan Airasia. Saya mencobanya sampai lima kali dan iklan yang berkaitan dengan obrolan tersebut muncul di Instagram," jelasnya.

Sebelumnya Instagram diterap isu soal menyadap pembicaraan penggunanya. Ketika pengguna membicarakan soal Spotify tiba-tiba saja muncul iklan Spotify.

Soal kasus ini Head of Instagram Adam Mosseri membantah menyadap pembicaraan tersebut. Menurutnya ada dua kemungkinan hal tersebut bisa terjadi. Pertama, keberuntungan. Artinya kebetulan saja ketika pengguna sedang membicarakan sesuatu, iklan mengenai hal tersebut muncul di timeline.

Kedua, top of mind. Pengguna baru saja berinteraksi di Instagram dengan sebuah konten yang memang sebelumnya pernah dicari media sosial tersebut. Otomatis artificial intelligence Instagram akan menghadarikan kembali iklan tentang hal tersebut.

"Top of mind itu di alam bawah sadar dan kemudian meluap nanti. Saya pikir hal semacam ini sering terjadi dengan cara yang sangat halus," ujar Adam Mosseri, kepada CBS dan dilansir dari CNBC International, Rabu (18/12/2019).

Apakah kalian juga mengalami hal yang sama?

[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading