Heboh Bos Taksi Malaysia Tolak Gojek

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 August 2019 15:35
Heboh Bos Taksi Malaysia Tolak Gojek
Jakarta, CNBC Indonesia - Netizen di tanah air sedang heboh soal penolakan Gojek di Malaysia. Netizen menyoroti ucapan dari Pendiri Big Blue Taxi, Shamsubahrin Ismail yang sebut Indonesia negara miskin.

Pernyataan ini diungkapkan Shamsubahrin Ismail pada Kamis (22/8/2019) dalam konferensi pers di kantor Big Blue Taxi soal penolakannya pada keputusan kabinet Mahathir Mohamad yang memberikan lampu hijau pada Gojek membawa ojek online dan layanan lainnya ke Malaysia.


Shamsubahrin Ismail mengungkapkan, Gojek bisa berkembang di Indonesia karena jalan raya di Indonesia yang terlalu sempit untuk kendaraan.


"Kemiskinan di Indonesia terlalu tinggi, gaji tak tinggi. Malaysia tidak bisa seperti itu. Anak muda [Malaysia] bukan akan miskin, tak datang dari keluarga miskin. Kenapa kita mau menjatuhkan marwah mereka sehingga menjadi tukang Gojek," ujarnya, Selasa (27/8/2019).

Heboh Bos Taksi Malaysia Tolak GojekFoto: Petinggi Gojek bertemu dengan PM Malaysia Mahathir Mohamad (twitter @syedsaddiq)

"Di Indonesia, wanita dapat memeluk driver (sebagian besar pengendara adalah pria) begitu saja tetapi bagaimana dengan Malaysia? Apakah kita ingin melihat wanita kita memeluk driver di sana-sini?" ujarnya seperti dikutip dari Free Malaysia Today.

Pendiri MyCar, taksi e-hailing, Mohd Noah Maideen. Menurutnya, selain faktor keamanan dan pelonggaran norma, pengenalan ojek online milik Gojek akan menciptakan persaingan yang tidak sehat di antara perusahaan e-hailing lokal.


"Sebagai perusahaan yang baru beroperasi setengah tahun, tidak disarankan bersaing dengan perusahaan asing yang sudah beroperasi selama lebih dari delapan tahun," ujarnya seperti dikutip dari The New Straits Times, Selasa (27/8/2019).

Mohd Noah menambahkan, sebelumnya sudah ada layanan ojek online lokal bernama Dego Ride, namun tidak disetujui oleh pihak berwenang. "Kenapa, tiba-tiba kami ingin membawa Gojek?" Katanya.


[Gambas:Video CNBC] (roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading