Ramalan Elon Musk: Asteroid Dewa Kematian Akan Tabrak Bumi

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
22 August 2019 19:37
Ramalan Elon Musk: Asteroid Dewa Kematian Akan Tabrak Bumi
Jakarta, CNBC Indonesia - Cuitan CEO  SpaceX dan Tesla, Elon Musk kembali menimbulkan kontroversi. Dalam cuitan terbarunya dia menyebut sebuah asteroid besar akan menabrak bumi.

"Nama yang bagus! Tak perlu khawatir tentang yang satu itu, tetapi sebuah batu besar akan menabrak bumi nantinya dan saat ini kita tidak punya pertahanan," cuit Elon Musk melalui akun @elonMusk, seperti dikutip Kamis (22/8/2019).

Ramalan Elon Musk: Asteroid Dewa Kematian Akan Tabrak BumiFoto: Cuitan Elon Musk soal asteriod yang akan menabrak bumi (twitter @elonmusk)

Cuitan Elon Musk ini merupakan respons atas cuitan komedian Joe Rogan yang memposting artikel yang menyebut NASA sudah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi asteroid yang memiliki ukuran 1.100 kali atau 335 meter. Asteriod ini bernama Apophis akan menabrak bumi pada April 2029. Apophis merupakan nama dari dewa kematian Mesir.


NASA pun tidak setuju dengan pernyataan Elon Musk. Pasalnya, Asteroid Apophis berjarak 19.000 mil dari Bumi dan tak ada potensi menabrak bumi. Jadi peneliti NASA bisa menggunakan kesempatan ini untuk meneliti asteriod ini, seperti dikutip dari CNNInternational, Kamis (22/8/2019).


Situs NASA juga menjelaskan "Tak ada asteroid dengan ancaman signifikan yang akan menabrak bumi dalam 100 tahun ke depan."

Lindley Johnson, dari NASA menegaskan hal tersebut dalam sebuah pernyataannya.


"Meskipun tidak ada asteroid berukuran lebih dari 140 meter, yang memiliki peluang signifikan untuk menabrak Bumi dalam 100 tahun ke depan, NASA dan mitranya sedang mempelajari beberapa metodologi untuk membelokkan asteroid berbahaya," katanya.

NASA memiliki departemen yang ditunjuk untuk menemukan asteroid yang tidak terdeteksi dan melacak orbitnya, sehingga mereka memiliki data di mana tepatnya asteroid di masa depan.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading