Hati-hati Pakai Aplikasi Kencan, Penjahat Mengintai Kamu!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 August 2019 13:08
Hati-hati Pakai Aplikasi Kencan, Penjahat Mengintai Kamu!
Jakarta, CNBC Indonesia - Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (AS) atau Federal Bereau of Investigation (FBI) mengeluarkan peringatan soal adanya penipuan denganĀ modus pencucian uang di seluruh situs kencan online.

Selain melakukan praktik money laundering, para penjahat ini juga mencuri informasi pribadi dan keuangan pengguna. Mereka biasanya menyamar sebagai warga negara AS di negara lain atau pemilik bisnis di AS, ujar FBI seperti dikutip CNBC Indonesia dari CNet, Selasa (7/8/2019).


Lebih dari 15.000 orang melapor ke divisi Internet Crime Complaint Center (IC3) FBI sebagai korban penipuan kencan online, dengan total kerugian US$ 211 juta (Rp 2,96 triliun) pada tahun 2017. Setahun kemudian jumlah korban bertambah menjadi 18.000 orang dengan kerugian US$362 juta (Rp 5,07 triliun).


Para penipu ini menghabiskan waktu berbulan-bulan membangun hubungan melalui situs kencan online dan kemudian meminta korban untuk mengirim hadiah. Ada juga yang meminta dikirimi uang untuk tiket pesawat agar bisa bertemu.

"Dalam beberapa kasus, aktor tersebut mengklaim dana yang ditransfer tidak sampai dan meminta korban mengirim ulang uang itu," tambah FBI. "Ketika mereka tidak tiba, mereka mengklaim mereka ditangkap, dan meminta lebih banyak uang untuk mengirim jaminan."

Ada juga praktik meminta membuat rekening bank baru yang kemudian digunakan untuk memfasilitasi kegiatan kriminal.

"Sebagian besar administrator situs kencan tidak melakukan pemeriksaan latar belakang kriminal ketika sebuah akun terdaftar," FBI memperingatkan.


(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading