Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp 39,2 T, Buat Apa?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
06 August 2019 11:26
Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp 39,2 T, Buat Apa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Chief Executive Officer (CEO) Amazon Jeff Bezos menjual saham perusahaan sebesar US$990 juta atau setara Rp 13,86 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000) pada perdagangan bursa AS Kamis dan Jumat lalu.

Sepekan lalu total saham Amazon yang dijual Jeff Bezos sudah mencapai US$2,8 miliar (Rp 39,2 triliun), menurut data Securities and Exchange Securities, seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (6/8/2019).

Amazon menolak berkomentar tentang penjualan saham Bezos.


Sebelumnya Jeff Bezos pernah mengatakan ia berencana menjual saham senilai US$1 miliar setiap tahun untuk mendanai perusahaan penjelajah luar angkasanya, Blue Origin.

"satu-satunya cara yang saya bisa lihat untuk menggunakan sumber daya keuangan sebanyak ini adalah dengan mengubah keunggulan Amazon menjadi perjalanan luar angkasa," ujar Jeff Bezos pada Business Insider.

Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp 39,2 T, Buat Apa?Foto: Infografis Jeff BezosĀ & Elon Musk bersaing jelajahi ruang angkasa (Aristya Rahadian Krisabella)

Untuk mendapatkan dana sebesar Rp 39,2 triliun, Jeff Bezos telah menjual 530.000 lembar saham Amazon di harga sekitar US$1.850 per saham. Namun Jeff Bezos masih menguasai 57 juta lembar saham Amazon atau sekitar 12%.

Meski menjual saham dalam jumlah besar, Jeff Bezos masih memiliki total kekayaan US$110 miliar. Beberapa waktu lalu Jeff Bezos juga menyerahkan 4% saham atau setara US$ 37 miliar ke mantan istrinya, Mackenzie Bezos, sebagai bagian dari harga gono-gini.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading