Tak Terima Diklaim Unicorn Singapura, Tokopedia: Kami Asli RI

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
30 July 2019 20:20
Tak Terima Diklaim Unicorn Singapura, Tokopedia: Kami Asli RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan dalam riset Google dan Temasek empat unicorn Indonesia yang digadang-gadangkan pemerintah justri diklaim sebagai milik Singapura

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala BKPM Thomas Lembong pagi ini dalam paparan kinerja investasi semester I-2019.



"Di laporan Google-Temasek ada tabel bilang Indonesia [startup unicorn] nol dan singapura ada empat," ujar Thomas Lembong dalam konferensi pers di kantor BKPM, Jakarta, Selasa (30/7/2019).


Menanggapi hal tersebut, VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak menyebutkan sejak berdiri Tokopedia sudah merupakan perusahaan terbatas (PT) dengan badan hukum Indonesia, meski terdaftar sebagai penanaman modal asing (PMA) dan mendapatkan ijin dari BKPM.


Tak Terima Diklaim Unicorn Singapura, Tokopedia: Kami Asli RIFoto: CEO Tokopedia William Tanuwijaya (REUTERS/Willy Kurniawan)

"Kami juga berkomitmen untuk terus menjadi perusahaan Indonesia dan menaati seluruh peraturan dan ketentuan yang berlaku di Indonesia," kata Nuarini kepada CNBC Indonesia, Selasa (30/7/2019).

Dia menegaskan, perusahaan ini tak memiliki induk usaha di Singapura karena telah beroperasi di Indonesia sejak awal.


Adapun di Singapura, Tokopedia hanya memiliki anak usaha mendukung sebagian upaya riset dan pengembangan induk perusahaan Tokopedia yang ada di Indonesia.

"Seluruh penanaman modal terhadap Tokopedia masuk ke Indonesia sebagai penanaman modal langsung (FDI). Jadi, seluruh investasi yang diterima Tokopedia masuk melalui induk perusahaan kami di Indonesia," tegasnya.

Simak video tentang startup unicorn di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading