CTO Tokopedia Terima Penghargaan dari Pemerintah Australia

Tech - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
22 November 2021 13:54
Dok. Tokopedia

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, Chief Technology Officer (CTO) Tokopedia Herman menerima penghargaan dari pemerintah Australia dalam 'Australia Alumni Award 2021' di kategori Innovation and Entrepreneurship Award. Penghargaan ini diberikan kepada alumni Australia yang telah memberikan kontribusi dalam profesi dan komunitas mereka melalui kepemimpinan yang luar biasa, integritas, dan kerja keras.

Sebagai CTO, Herman berperan penting dalam menempatkan teknologi sebagai inti dari inovasi dan pertumbuhan keuangan Tokopedia. Dengan sederet inovasi yang dihadirkan, pada 2019 dan 2020, Herman masuk dalam daftar 50 pemimpin teknologi paling inovatif di Asia Tenggara. Sebelum bergabung dengan Tokopedia, Herman bekerja di perusahaan teknologi top dunia, seperti Google, Facebook, Amazon dan Microsoft.

Selain mendorong lahirnya inovasi teknologi di Tokopedia, pria lulusan Bachelor of Computer Science and Engineering dari Universitas Monash tersebut juga punya impian untuk mengembangkan talenta yang ada agar bisa ikut berkembang bersama teknologi. Apalagi menurutnya, selama di luar negeri kerap bertemu orang Indonesia yang sangat berbakat.


Hal ini menjadi titik awal bagi Herman dan tim di Tokopedia untuk menginisiasi Tokopedia Academy, program unggulan yang menjalankan rangkaian kegiatan untuk mengembangkan talenta digital lokal.

Tokopedia Academy telah menjadi tempat belajar dengan program-program antara lain START Summit, START Women in Tech, 'Tech A Break' dan berbagai program lainnya sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan tentang teknologi lewat workshop, kemitraan dengan komunitas IT dan kolaborasi strategis dengan universitas.

Kemudian Tokopedia juga bermitra dengan universitas termasuk Universitas Indonesia untuk Tokopedia UI AI Center of Excellence dan almamater Herman, Monash University. Peserta program pembelajaran Tokopedia Academy pun berasal dari berbagai perusahaan dan latar belakang.

"Saya percaya bahwa jika kita ingin mengangkat seluruh kapal, kita juga perlu mengangkat laut," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading