Bos Tokopedia Dinobatkan Jadi Businessperson of The Year

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
23 November 2021 10:17
Wiliam Tanuwijaya (Dok. Tokopedia) Foto: Wiliam Tanuwijaya (Dok. Tokopedia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya meraih penghargaan sebagai Businessperson of the Year 2021. Penghargaan ini diberikan bagi 20 pelaku bisnis terbaik di Indonesia yang berhasil mencatatkan sejumlah indikator keuangan yang positif, kepemimpinan yang transformatif, good corporate governance (GCG) yang efektif, dan aksi korporasi yang adaptif. Adapun penghargaan ini diberikan oleh Majalah Fortune Indonesia.

Diketahui, pebisnis yang berasal Pematangsiantar, Sumatera Utara ini membangun Tokopedia bersama Leontinus Alpha Edison pada 2009. Platform marketplace itu didirikan William karena kecintaannya pada dunia internet sejak menempuh studi di Teknik Informasi Universitas Bina Nusantara.

Pada Mei 2021 lalu, Tokopedia melakukan merger bersama Gojek dengan membentuk grup teknologi terbesar di Indonesia, Grup GoTo. William mengatakan, GoTo diambil dari nama Gojek dan Tokopedia. Kemudian slogan 'Gotong-royong' yang akan terus menjadi semangat perusahaan ini ke depannya.


"If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together," terang William beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Grup GoTo memiliki Gross Transaction Value (GTV) sebesar US$ 22 miliar pada 2020. GoTo telah memproses lebih dari 1,8 miliar transaksi pada periode tersebut.

Sementara itu, per Desember 2020, ekosistem GoTo mencatat lebih dari dua juta merchant. Dalam waktu dekat, GoTo pun berencana menggelar IPO. Langkah ini disebut bakal menjadi penawaran saham umum perdana terbesar dalam dunia pasar modal Indonesia.

 


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading