Tiga Kota Ini Alami Peningkatan Tren Belanja Daring

Tech - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
15 January 2022 10:09
Tokopedia

Jakarta, CNBC Indonesia - Tren belanja online atau daring kini semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, karena dinilai lebih mudah dan praktis. Kemunculan berbagai platform lokapasar menjadi salah satu faktor pendorong tingginya minat masyarakat berbelanja melalui cara digital.

Tingginya minat masyarakat berbelanja dan menjual produk secara daring tidak hanya terjadi di daerah-daerah tertentu. Fenomena ini terjadi di hampir seluruh daerah, seiring meluasnya penetrasi internet dan cakupan layanan lokapasar.

Sepanjang 2021 lalu, ada tiga kota di Indonesia yang tercatat menjadi daerah dengan tingkat penjualan barang tertinggi secara daring. Berdasarkan data Tokopedia, ketiga kota tersebut adalah Medan, Bandung, dan Surabaya.


"Medan, Bandung dan Surabaya menjadi beberapa contoh kota dengan penjualan paling tinggi di Tokopedia. Ini didorong oleh kehadiran inisiatif Hyperlocal, seperti digitalisasi pasar, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan lainnya," kata VP of Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/1/2022).

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mendekatkan pembeli dengan penjual di daerah yang sama. Inisiatif ini mendorong pengguna dan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli secara lebih mudah dan nyaman, serta memberikan kesempatan yang sama bagi UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia untuk tumbuh.

Selain mencatat daerah dengan tingkat penjualan tertinggi sepanjang 2021, Tokopedia juga menyebutkan ada dua jenis makanan khas yang banyak dicari masyarakat melalui Tokopedia Nyam! sepanjang tahun lalu, yaitu Kopi Gayo dan Pisang Goreng.

"Ngopi dan ngemil di rumah menjadi aktivitas yang digemari masyarakat selama 2021. Hal ini terlihat dari Kopi Gayo dan Pisang Goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang tahun lalu," kata Nuraini.

Di sisi lain, tren terhadap produk-produk di kategori Rumah Tangga, Fesyen serta Olahraga dan Hobi juga mengalami lonjakan.

"Masker, kaos dan sepatu sneakers menjadi produk paling populer selama 2021 di Tokopedia. Melejitnya penjualan sepatu sneakers didorong oleh berbagai inisiatif yang dilakukan Tokopedia bersama UMKM industri fesyen lokal, contohnya gerakan Bersebelas #MelangkahBareng," tutur Nuraini.

Tak hanya gemar berbelanja secara daring, masyarakat juga ternyata mulai terbiasa berbagi secara virtual. Sepanjang 2021, ada lebih dari Rp160 miliar donasi yang terkumpul dari pengguna Tokopedia melalui fitur Donasi, Zakat dan Qurban di aplikasi tersebut.

Ke depannya, tren ini diyakini semakin tumbuh seiring meluasnya penetrasi internet dan digitalisasi di seluruh penjuru Indonesia.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Produk Lokal Melesat, Inisiatif Tokopedia Dinilai Efektif


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading